Pimpin Upacara HUT ke-78 Brimob Polri, Kapolda Riau Sampaikan Amanat Kapolri

Kapolda-Riau-pimpin-HUT-Brimob2.jpg
(Dok. Brimobda Riau)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kapolda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal menjadi pemimpin upacara pada peringatan HUT ke-78 Korps Brimob Polri di Mako Brimob Polda Riau, Kamis, 16 November 2023.

Sebelum memberikan ucapan selamat kepada Brimobda Riau yang ulang tahun 14 November, Irjen Iqbal menyampaikan amanat Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Dalam amanat tersebut Irjen Iqbal menyampaikan ucapan selamat HUT ke-78 Korps Brimob Polri dan seluruh keluarga besar Korps Brimob dimana berada.

"Saya mengucapkan selamat HUT ke-78 Korps Brimob Polri serta kepada seluruh Korps Brimob Polri dimana pun berada," ucapnya.

"Semoga korps brimob menjadi pasukan elit Polri dan senantiasa memberikan kontribusi untuk negara aman mewujudkan Indonesia maju," ujar Iqbal membacakan amanat Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Irjen Iqbal juga menyampaikan pesan pahlawan nasional yang juga merupakan anggota Korps Brimob Polri, Kombes M Yasin.


"Kalau kita mengabdi, sejarah tidak bisa dibohongi karena nanti yang akan membuktikan sejarah itu kita sendiri. Pesan tersebut tentu sudah terbukti kita melihat sejarah panjang Korps Brimob Polri mengawal perjuangan bangsa Indonesia sebagai torehan tinta emas kebanggaan kita bersama," terang Iqbal.

Secara heroik, Korps Brimob Polri juga terlibat berbagai pertempuran untuk merebut kemerdekaan RI. Hari jadi Korps Brimob Polri akhirnya dibentuk pada tanggal 14 November 1946.

"Terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada Korps Brimob Polri dengan loyalitas dan dedikasi tinggi yang tidak pernah diragukan lagi," sebut Eks Kapolda NTB tersebut.

Selain itu, Irjen Iqbal juga mengatakan gejolak ekonomi global harus dihadapi dengan penekanan Kamtibmas yang penting dalam pembangunan negara.

Mendukung pembangunan dan pertumbuhan ekonomi nasional, pengamanan proyek pemerintah, pengamanan event nasional dan internasional, semuanya dipertaruhkan dan diperlihatkan kepada dunia.

"Penanggulangan bencana alam serta kesiapsiagaan sebagai quick respon dan bentuk hadirnya negara di tengah masyarakat," papar Iqbal 

Pergerakan kelompok kriminal di Papua serta ancaman terorisme harus dengan Preventif Straight. Konflik sosial yang mengganggu stabilitas Nasional serta pengamanan pemilu serentak pada 2024 nanti.

"Kepada rekan-rekan menjadi teratai putih, sebagaimana lambang korp Brimob Polri dengan makna, tekad dan kemampuan mengubah situasi keruh menjadi tenang dan bersih," ujarnya.

"Dapat bertahan dalam berbagai situasi dan mampu membawa harum nama Institusi Polisi RI. Sekali lagi, Dirgahayu Korps Brimob Polri, Insyaallah Negara aman untuk Indonesia maju," pungkasnya.