Airnya Mengering, Isi Waduk Kota Menyisakan Lumpur dan Sampah Plastik

Waduk-Taman-Kota.jpg
(Riau Online/Annisa Alzikri)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Air Waduk Taman Kota Pekanbaru yang berada di Jalan Diponegoro terlihat dangkal lantaran kondisi waduk dipenuhi sampah, tanah hingga lumpur.

Dari pantauan RIAUONLINE.CO.ID, Selasa, 31 Oktober 2023, waduk taman kota digenangin banyak lumpur, hingga sampah yang berserakan di dalamnya. Rumput-rumput mulai tumbuh bahkan ikan dalam waduk terlihat sebab airnya mengering.

Petugas kebersihan, Linda (46), mengungkapkan penyebab dangkal dan keringnya waduh ini sebab pintu pembuangan air di bagian depan dibuka.

"Saya bekerja di sini sudah hampir 6 tahun lamanya. Waduk ini memang seperti ini saja, biasanya ada juga airnya. Tapi ini dangkal karena aliran di depan dibuka, karena tadi malam ada yang ngambil ikan. Dan memang pembuangan di sana dibuka saat ngambil ikan saja," ujarnya saat diwawancarai RIAUONLINE.CO.ID, Selasa 31 Oktober 2023.

"Selain itu keberadaan sampah disini juga datangnya dari aliran air di kota. Sehingga kemarin sudah dibersihkan sama Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kota Pekanbaru. Waduk ini juga dibersikan minimal 1 kali dalam 2 bulan," tambahnya.


Linda menyebutkan, untuk pengujung yang datang ke Waduk Taman Kota Pekanbaru masih cukup ramai, meski tidak seperti dulu.

"Tahun 2022 lalu juga ada dengar akan ada pembangunan baru, mau dipercantik waduknya. Tapi dilihat-lihat udah 1 tahun ini tidak ada, padahal sudah diukur-ukur, bahkan denahnya juga udah ada, tapi pembangunanya tidak ada sampai sekarang," ungkapnya.

Sementara, pengunjung Waduk Taman Kota, Mia (28), mengatakan sering berkunjung ke waduk ini sebab tempatnya nyaman, asri dan banyak pepohonan.

"Sayangnya air dalam waduknya mulai kering, bahkan hanya terlihat sampah dan lumpur yang disertai lumut. Padahal tempatnya tenang, tapi ya begitu ada yang sedikit kurang nyaman karena isi waduknya tadi," tuturnya

Menurutnya, jika waduk ini sering dibersihkan pasti tidak sekotor dan sedangkal sekarang.

 

"Saya lihat juga banyak ikan dalamnya, kalau airnya tidak ada dan hanya lumpur pasti ikannya banyak mati. Jadi kalau bisa pemerintah mengerakan lebih petugas kebersihan, lalu kuras habis lumpur-lumpur disini dan lebih diperindah lagi waduknya agar pemandangan disini jauh lebih cantik. Lantaran letaknya diperkotaan jadi kalau pengujung datang pasti mereka merasa nyaman," tutupnya.

Artikel ini ditulis Annisa Alzikri, peserta program Magang Bersertifikat Kampus Merdeka di RIAU ONLINE