10 Rekomendasi Wisata Alam di Riau, Cocok untuk Bersantai

Taman-Bunga-Okura.jpg
(Phinemo)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Provinsi Riau selain kental dengan budayanya juga menawarkan keindahan alam dan yang unik dan memanjakan mata. Mengabadikan momen dengan berfoto dan mencoba berbagai aktivitas di wisata Riau, baik di lokasi-lokasi kebudayaan maupun di wisata alamnya akan membuatmu bahagia.

Dilansir dari berbagai sumber, inilah rekomendasi wisata alam buat kamu pecinta alam yang bisa datangi untuk menikmati hari libur:

1. Desa Wisata Okura 

Desa Wisata Okura terletak di Kabupaten Rumbai Pesisir dan tidak terlihat seperti desa wisata. Namun di desa ini Anda dapat menikmati berperahu di sepanjang sungai dengan pemandangan yang luar biasa hingga mempelajari lebih dalam mengenai budayanya. Apabila Anda seorang jiwa petualang juga suka untuk mempelajari budaya baru maka ini adalah tempat yang tepat. Karena masyarakat di Desa Okura masih menjaga kebudayaannya dengan baik.

Waktu tempuh di perjalanan jika melewati jalur sungai, yaitu ke Pelabuhan Sungai Duku dengan waktu 1 jam di perjalanan. Sedangkan Jarak tempuh ke lokasi desa dari titik pusat Pekanbaru hanya berlangsung selama 30 menit di perjalanan dengan kendaraan.

Banyak pelancong yang memilih berkuda dengan dipandu oleh profesional untuk menjelajahi desa ini. Selain menikmati suasana, Anda juga dapat berwisata kuliner bersama keluarga Anda. 

2. Air Terjun Aek Mertua

Nama Aek Mertua diambil dari bahasa daerah salah satu suku yaitu Batak Mandailing memiliki arti air bertuah. Penggunaan bahasa dari suku Batak Mandailing ini karena di daerah tersebut mayoritas dihuni oleh suku Batak Mandailing. Jadi penggunaan nama air terjun ini diambil memakai bahasa suku Batak Mandailing.

Selain itu, Air terjun ini terdapat tiga tingkatan dimana setiap tingkatannya memiliki ukuran dan ketinggian yang berbeda-beda. Ketinggian tersebut berkisar antara 15 meter hingga yang paling atas mencapai 40 meter. Keunikan dari air terjun ini membuat wisatawan menyebut wisata Riau ini dengan sebutan air terjun Tangga Seribu.

Destinasi wisata alam satu yang terletak di Rokan Hulu ini tidak dipungut biaya dan tentunya beroperasi 24 jam. 

3. Kebun Binatang Kasang Kulim

Kebun binatang akan selalu menjadi pilihan tempat wisata yang tepat untuk mengajarkan anak-anak mengenal binatang salah satunya adalah kebun binatang Kasang Kulim. Tempat wisata  yang memiliki luas sekitar 10 hektar dan merupakan tempat wisata di Pekanbaru yang banyak dikunjungi oleh keluarga ketika akhir pekan. 

Untuk menuju ke tempat wisata ini dibutuhkan sekitar 30 menit dari pusat Kota Pekanbaru. Biaya masuk dalam area kebun binatang ini anda harus membayar sebesar Rp 20.000 untuk orang dewasa dan Rp 10.000 untuk anak-anak.

Kebun Binatang Kasang Kulim yang berlokasi di Jalan Kubang Raya, Kabupaten Kampar ini memiliki banyak jenis binatang yang dapat dikenalkan pada anak-anak seperti, monyet, landak, ular, burung, dan masih banyak lagi. Selain mengamati koleksi berbagai jenis binatang, tersedia arena untuk bermain anak-anak seperti ayunan, papan seluncur, kolam pancing, dan kolam renang anak. Selain itu anda juga bisa naik gajah, cukup membayar Rp 10.000 per 10 menit.

4. Kawah Biru


Kawah Biru Pekanbaru adalah sebuah danau vulkanik yang terletak di kawasan Bukit Barisan, tepatnya di Desa Palas, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar, Riau.

Danau ini dikenal karena keindahan airnya yang berwarna biru kehijauan dan juga menjadi salah satu destinasi wisata alam populer di Riau. Sebenarnya tempat ini adalah lokasi bekas galian yang terisi air hujan sehingga membentuk kawah. Warna biru air danau tersebut tampak jernih dan menawan dengan latar belakang perbukitan hijau yang menyegarkan mata.

Selain itu, Kawah Biru juga menawarkan udara sejuk dan segar yang berasal dari ketinggian dan alam sekitar yang masih alami. Kawah Biru juga menjadi tempat yang populer untuk hiking atau pendakian karena terletak di ketinggian 1.200 mdpl. Terdapat jalur pendakian yang menantang tetapi mengasyikkan dan memberikan pengalaman yang tidak terlupakan

Destinasi wisata ini sangat cocok bagi orang-orang yang senang untuk mendapatkan foto terbaik lalu di unggah di media sosial,  dan tempat ini juga sangat instagramable. Anda dapat datang kesini untuk mendapatkan foto terbaik untuk disebarkan.

Seperti Kawah Putih di Bandung, Kawah Biru ini juga memiliki sesuatu yang ditawarkan dan tempat ini selalu ramai pada akhir pekan dimana untuk memasuki tempat wisata ini hanya membayar Rp 5.000 per orang dan biaya parkir sebesar Rp2000 untuk motor serta Rp 12000 untuk mobil.

5. Bandar Bakau Dumai 

Bandar Bakau menjadi tempat konservasi sekaligus wisata yang bisa dikunjungi di Kota Dumai. Tempatnya begitu luas dan tampak seperti hutan karena dikelilingi tanaman hijau khususnya bakau. Udara di sekitarnya pun terasa sangat sejuk karena adanya penghijauan tersebut. Apalagi letaknya juga jauh dari pemukiman warga dan hiruk pikuk perkotaan.

Destinasi alam ini menyuguhkan pemandangan yang akan membuat Anda takjub. Selain itu kebersihannya pun selalu terjaga dengan baik agar wisatawan merasa betah saat berlibur. Anda juga harus turut serta melestarikan tempat ini dengan tidak merusak atau mengotorinya. Hal itu tentu bisa membuat tanaman bakau menjadi terjaga keberadaannya.

Pada hari tertentu banyak pengunjung lokal yang berbondong-bondong menuju ke area ini. Apalagi tempatnya juga cocok dijadikan sebagai sarana edukasi untuk menambah pengetahuan tentang tanaman bakau. Tidak heran jika banyak traveller yang selalu mengajak keluarga untuk berkunjung ke destinasi alam itu.

6. Ulu Kasok

Ulu Kasok memang bukan Raja Ampat, tetapi destinasi wisata yang satu ini menawarkan keindahan layaknya situs wisata populer tersebut dengan gugusan pulau yang dikelilingi oleh air. Bedanya, jika pulau-pulau di Raja Ampat dikelilingi oleh laut, maka di Ulu Kasok Anda akan menemukan pulau-pulau kecil yang dikelilingi air danau. Dari jauh, Ulu Kasok sangat mirip dengan Raja Ampat yang penuh pulau karang berbalut lautan biru

Hampir semua wisatawan yang datang bertujuan untuk mendapatkan foto dengan background lanskap mirip Raja Ampat ini. Tenang saja, selain berswafoto, ada juga warga lokal yang menawarkan jasa untuk memfoto dengan tarif murah sehingga Anda bisa bebas berfoto sendiri maupun dengan pasangan. Selain itu, Anda juga bisa menyewa speedboat untuk berkeliling danau dan melihat pulau-pulau kecil tersebut dari dekat.

7. Pulau Cinta

Pulau Cinta merupakan salah satu objek wisata terkenal di Kabupaten Kampar yang memiliki wahana menarik dengan pesona Sungai Kampar-nya. Pulau Cinta berbeda dengan pulau lainnya, pulau ini berupa hamparan pasir putih yang sangat lembut ketika diinjak. Pasir tersebut berada di pinggir sungai sehingga tampak unik. 

Wisatawan dapat melakukan kegiatan seperti bermain water sport, naik perahu, berenang, bahkan sekedar jalan-jalan santai di pinggir pulau. Selain itu, untuk memasuki tempat wisata ini tidak dipungut biaya, hanya dikenakan biaya parkir motor Rp 5.000 dan mobil Rp 10.000. 

8. Pulau Jemur 

Pulau Jemur merupakan gugusan pulau yang terdiri dari beberapa pulau seperti Pulau Tekong Emas, Pulau Tekong Simbang, serta banyak pulau-pulau kecil lainnya. Letak Pulau ini tak jauh dari kota Rokan, hanya sekitar 72 km dari sana, yaitu Bangansiapiapi.

Selain menawarkan keindahan alamnya, Pulau Jemur ini merupakan spesies penyu, dimana pada musim tertentu penyu-penyu  itu naik ke pantai untuk bertelur. Setiap ekor penyu dapat bertelur sebanyak 100 hingga 150 butir setiap musim tertentu. Kalau Kamu beruntung bisa lihat lucunya penyu-penyu yang sedang bertelur.

9. Danau Raja

Berlokasi di pusat Kota Rengat, Danau Raja bisa dikatakan wisata favorit bagi warga Inhu. Wisatawan berbagai usia dari pagi hingga petang mengunjungi tempat wisata ini, terutama di hari lebaran. Lokasinya tepat di tepi jalan saat memasuki Kota Rengat dan tersedianya fasilitas penginapan yang memadai menjadi daya tarik tersendiri. Danau ini gratis dikunjungi sebagai bagian dari Taman Kota, fasilitas wahana permainan anak juga cukup banyak dan kuliner pun berjejer di tepian danau.

10. Taman Hutan Raya Sultan Syarif Hasyim

Tahura Sultan Syarif Hasyim merupakan sebuah hutan Konservasi, yang berada di tiga wilayah yaitu Siak, Kampar, dan Pekanbaru. Tahura Sultan Syarif Hasim ini memiliki sekitar 127 jenis flora, dan terdapat sekitar 62 jenis fauna. Tahura ini juga merupakan tempat Pusat Pelatihan Gajah.

Tahura Sultan Syarif Hasyim telah memiliki fasilitas umum, berupa tempat ibadah, wahana bermain, panggung kesenian, bumi perkemahan dan masih banyak yang lainnya. Untuk menikmati wahana yang terdapat di dalam tahura, kamu harus membayar tiket sesuai dengan wahana yang kamu pilih.

Inilah beberapa destinasi wisata alam yang ada di Provinsi Riau bisa kamu jadikan rekomendasi untuk menikmati hari libur sekedar bersantai berkumpul dengan keluarga dan orang-orang tersayang.

Artikel ini ditulis Anggi, peserta program Magang Bersertifikat Kampus Merdeka di RIAU ONLINE