6 Tempat Olahraga Favorit Bagi Masyarakat Kota Pekanbaru

Joging2.jpg
(Laras Olivia/Riau Online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Akhir pekan memang cocok dimanfaatkan untuk berolahraga. Bukan hanya meregangkan otot-otot dari kepenatan, berolahraga pun bisa menyegarkan pikiran. Ada beberapa tempat berolahraga yang jadi favorit dan ramai dikunjungi masyarakat Kota Pekanbaru.

1. Stadion Utama Riau

Kegiatan olahraga masyarakat terutama di Kota Pekanbaru, dipusatkan di kawasan Stadion Utama Riau, Jalan Naga Sakti Kecamatan Tampan. Luas keseluruhan stadion ini sekitar 66,4 Ha sedangkan luas bangunan Gedung sekitar 7,4 Ha. Untuk masuk ke Stadion ini hanya dikenakan biaya parkir kendaraan.

Biasanya warga Pekanbaru melakukan jogging dengan mengelilingi bangunan Stadion Utama. Sedangkan untuk bersepeda dan taman rekreasi keluarga biasanya dilakukan di area luar stadion tepatnya dekat Tugu Tanjak.

Setiap menjelang sore kegiatan di sana selalu ramai, apalagi banyak berbagai kuliner yang dijajakan sepanjang jalan kawasan Stadion Utama. Sehingga memudah masyarakat untuk bersantai setelah olahraga di area stadion. Di sana juga tersedia berbagai perlengkapan penunjang olahraga, misalnya bulu tangkis, sepeda, serta yang lainnya.

2. RTH Kaca Mayang

Ruang Terbuka Hijau (RTH) Putri Kaca Mayang saat ini menjadi salah satu tempat rekreasi favorit bagi sebagian masyarakat Kota Pekanbaru terutama ketika pagi hari untuk berolahraga. RTH yang terletak di tengah kota, tepatnya di Jalan Jenderal Sudirman ini, pengunjung terlihat ramai dan bersantai dengan keluarga. Duduk ditepi taman sembari menikmati suasana yang ada disekitar RTH.

Fasilitas yang disediakan RTH Putri Kaca Mayang sangat beragam untuk para pengunjung. Seperti tempat duduk, arena bermain, tempat melukis, serta rerumputan dan bunga yang sangat asri dan indah, tak hanya itu RTH Putri Kaca Mayang saat ini memiliki Perpustakaan Digital.

3. Taman Universitas Riau

Universitas Riau juga menyediakan sarana pendidikan bagi mahasiswa berupa bangku untuk tempat berdiskusi dan membaca yang diletak di sekitar taman dan di bawah pepohonan. Selain itu hutan arboretum dan waduk yang masih belum berfungsi direncanakan dikelola kembali yang bekerjasama dengan mahasiswa untuk memelihara tempat tersebut dan waduk juga akan diberi perahu-perahu agar bisa menjadi wisata pendidikan.


Saat sore hari mahasiswa dapat menikmati tempat-tempat olahraga yang telah disediakan seperti jogging track dan taman olahraga selain itu mahasiswa juga dapat menikmati pemandangan dan berfoto di sekitar Butterfly Bridge. 

4. Danau Buatan Lembah Sari

Danau buatan ini memiliki beberapa fasilitas dan wahana bermain, seperti sepeda air dan area memancing. Nantinya, akan ada pengembangan lokasi dan akan dibuat kolam renang di dekat danau. Asyiknya, tempat ini ada pondok kecil di sekitar danau sehingga membuat pengunjung merasa betah, banyaknya anak muda melakukan aktivitas olahraga seperti jogging, sambil menikmati keindahan sekitar.

Kalian bisa sekedar menggelar tikar dan duduk sambil menikmati jajanan khas Riau yang dijual di sini. Tak jarang juga ada festival dan perlombaan yang diadakan.

5. Taman Olahraga dan Rekreasi Rumbai

Taman Olahraga dan Rekreasi Rumbai jadi lokasi asyik untuk olahraga di Pekanbaru. Lokasinya bersebelahan dengan Kampus Politeknik Caltex Riau, Jalan Umban Sari.

Dengan lahan luas ditambah penataan taman menawan, kawasan ini sering kali dijadikan sebagai tempat jogging dan jalan santai di pagi maupun sore hari. Banyak warga Pekanbaru dari berbagai kalangan yang sengaja datang untuk olahraga.

Fasilitas olahraganya cukup lengkap, mulai dari jogging track, lapangan basket, lapangan badminton, lapangan volly, sampai lapangan sepak bola juga ada.

6. Bandar Seni Raja Ali Haji

Bandar Seni Raja Ali Haji (Serai) merupakan salah satu spot untuk melihat kentalnya budaya Melayu di Pekanbaru. Tempat yang berlokasi di Jalan Sudirman ini disebut Area Purna MTQ karena pernah digunakan sebagai tempat penyelenggaraan MTQ Nasional yang ke 17 pada tahun 1994. Area MTQ yang terbilang luas ini cukup ideal untuk melakukan kegiatan jogging. Di kawasan tersebut terdapat lapangan yang dipergunakan multi fungsi.

Lapangan Purna MTQ memang belum terlalu menjadi primadona bagi masyarakat untuk berolahraga. Karena belum memiliki fasilitas pendukung dan kawasan hijau yang begitu asri.Namun untuk sekedar jogging, tempat ini juga bisa dinikmati secara gratis. Karena lahannya yang luas, dan ramai dikunjungi masyarakat ketika sore.

Selain tempat olahraga bagi sebagian orang, lapangan Bandar Seni Raja Ali Haji ini juga sering digunakan sebagai tempat pementasan seni dan hiburan lainnya. Kawasan ini juga menyediakan beraneka jajanan, yang paling khas yaitu jagung bakar.

Nah, itulah beberapa kawasan olahraga gratis yang ada di Pekanbaru. Bagi kamu yang hobi atau sesekali ingin berolahraga, beberapa tempat ini bisa menjadi tempat pilihan.

Artikel ini ditulis Anggi, peserta program Magang Bersertifikat Kampus Merdeka di RIAU ONLINE