Revitalisasi Pasar Palapa Pekanbaru Sudah 90 Persen, Siap Diresmikan Bulan Depan

Revitalisasi-pasar-palapa.jpg
(LARAS OLIVIA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Revitalisasi Pasar Palapa, Jalan Durian, Kota Pekanbaru, hingga kini mencapai 90 persen. Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru menargetkan revitalisasi Pasar Palapa rampung dalam beberapa hari ke depan.

Proses pengecoran dan pemasangan tiang baja sudah tuntas dilakukan. Kontraktor CV Jaya Hoky Sejahtera diberi waktu pengerjaan selama 120 hari kalender atau 4 bulan untuk revitalisasi pasar tersebut.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru, Zulfahmi Adrian menyebut, Pasar Palapa dengan bangunan baru ini bisa diresmikan pada November mendatang. Dirinya sudah meninjau pengerjaan di Pasar Palapa yang hampir selesai.

"Progres revitalisasi Pasar Palapa sudah 90 persen lebih. Revitalisasi akan selesai dalam beberapa hari lagi," ujar Zulhelmi, Minggu 22 Oktober 2023.

Proses revitalisasi Pasar Palapa sudah bergulir sejak dilakukan pembersihan, Senin 10 Juli 2023. Seluruh lapak di bagian belakang pasar pun sudah dirobohkan.


Zulhelmi menyampaikan, rencananya lapak tersebut berganti bangunan seperti hall atau aula dengan konstruksi baja. Pada bagian atas akan dipasang hiasan selembayung.

"Kita akan atur pedagang dalam satu hall besar, akan kita susun. Kalau sekarang kan pedagang pakai tenda-tenda kecil," jelas pria disapa Ami.

Revitalisasi Pasar Palapa ini berlangsung setelah adanya kucuran dana dari Kementerian Perdagangan RI. Anggaran dari APBN 2023 ini jumlahnya mencapai Rp 3 miliar.

"Rp 2,7 miliar untuk revitalisasi, sisanya untuk biaya administrasi, konsultan pengawasan," jelasnya.

Bangunan baru di areal pasar dirancang untuk pasar basah. Sementara, jumlah pedagang yang rencananya menempati pasar revitalisasi ini sebanyak 80 orang pedagang.