Duh, Kualitas Udara di Kota Pekanbaru Memburuk Lagi

Kabut-asap-di-kota-pekanbaru1.jpg
(DEFRI CANDRA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kualitas udara di Kota Pekanbaru kembali memburuk, Minggu 15 Oktober 2023. Padahal sebelumnya kualitas udara sempat membaik beberapa hari dan berada di level biru.

Namun hari ini ISPU net dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menunjukkan kualitas udara ada di level kuning dengan kadar PM 2.5 sekitar 121.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, Zaini Rizaldy tidak menampik bahwa kualitas udara di kota kembali memburuk. Ia mengimbau masyarakat agar mengikuti surat edaran yang diterbitkan Pemerintah Kota Pekanbaru perihal upaya mencegah dampak kabut asap.

"Untuk saat ini kita sudah memberi imbauan kepada masyarakat, agar mewaspadai dampak kabut asap," imbaunya.


Ia mengingatkan, kabut asap berpotensi menimbulkan dampak kesehatan bagi masyarakat. Ia mengingatkan agar seluruh masyarakat mengurangi aktivitas di luar rumah.

"Bila memang penting, disarankan menggunakan masker sebagai pelindung diri dari dampak kabut asap," sebutnya.

Zaini menyebut bahwa pada level sangat tidak sehat nantinya Dinas Kesehatan bakal memberi rekomendasi agar mengurangi aktivitas di luar. Begitu juga aktivitas belajar mengajar di sekolah.

"Kalau sudah melebihi ambang 200 dan sudah masuk kategori sangat tidak sehat, maka kami akan merekomendasikan kepada Disdik maupun kepada Bapak Pj Wali Kota Pekanbaru melalui Pak Sekdako tentunya, agar semua pegawai atau pun peserta didik untuk melakukan kegiatan belajar mengajar melalui daring di rumah masing-masing atau WFH," paparnya.