Seminar Nasional Cendekia Festival, Rahasia Kaum Muda Jadi Agen Perubahan

Seminar.jpg
(ANGGI/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Universitas Riau (UR) taja Seminar Nasional Cendekia Festival 2023 yang berlangsung di gedung Rektorat dengan mengusung tema "Optimalisasi Peran Generasi Muda dalam Kreasi dan inovasi untuk Mewujudkan Agent of Change yang Dapat Bersaing di Era Society 5.0" pada Minggu, 15 Oktober 2023.

Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Provinsi Riau, Roni Rakhmat mengungkapkan dirinya merasa beruntung diundang dalam seminar ini. Baginya, peran generasi muda sangat penting terutama dalam menggebrak suatu perubahan. 

Ia menjelaskan bahwa terdapat sekitar 45 persen generasi muda di Riau yang pada masa mahasiswa dianggap sebagai generasi yang melek digitalisasi.

"Ini merupakan satu gerbong menuju perubahan jika dimanfaatkan dengan baik tentunya," jelasnya.

Roni Rakhmat juga mengatakan, pemerintah daerah juga mendukung pengembangan program ekonomi kreatif dengan membangun satu gedung yang bakal dijadikan sebagai pusat seluruh kegiatan para anak muda kreatif. 

"Gedung sudah mau jadi di bulan November mendatang. Harapan nantinya, dengan gedung ini para anak muda yang telah sukses mengembangkan usahanya dapat memberikan edukasi kepada adik-adiknya agar nantinya semakin banyak lagi anak kreatif yang ada di Riau ini," paparnya.

Seminar juga dihadiri seorang CEO sekaligus konten kreator yang kerap membagikan pengetahuan seputar matematika dan fisika ke akun TikTok dikenal dengan Farhan Jijima. 

Dalam pemaparannya, Farhan mengingatkan kaum muda untuk lebih memperhatikan waktu. Menurutnya, jika saat melakukan sesuatu jangan sekaligus dilakukan karena semua ada waktunya.


"Karena percuma justru malah dengan tidak mempertimbangkan waktu untuk melakukan sesuatu nantinya malah tidak ada yang akan kita kerjakan. Tidak semua hal bisa kita ambil, untuk itu pilihlah beberapa hal yang memang penting untuk dilakukan," paparnya.

Lebih lanjut, Farhan menjelaskan tips bagi anak muda apalagi mahasiswa bisa mencoba bekerja dimana-mana. Menurutnya, ketika menjadi mahasiswa, lebih mudah untuk dapat pekerjaan. Berbeda ketika telah selesai kuliah. 

"Karena kalau udah jadi fresh graduate untuk cari kerja lebih susah. Berbeda ketika masih mahasiswa kita tidak memilih milih untuk melakukan pekerjaan," jelasnya. 

Apalagi saat seperti sekarang ini tantangan terbesar bagi para generasi muda adalah sosial media. Dimana generasi muda tidak peka terhadap hal hal sepele. 

Farhan menjelaskan anak muda saat ini terlalu begitu mudah mempercayai bagaimana menghasilkan uang secara instan tanpa mengetahui bagaimana seluk beluk seperti halnya investasi. 

Ia menilai, investasi bukan jalan mengubah orang miskin menjadi kaya justru malah membuat orang kaya menjadi kaya. Itu lah yang buat orang-orang cepat gila karena tanpa pertimbangan meletakkan uang-uang mereka ke hal-hal yang belum jelas. 

Farhan berharap generasi muda saat ini harus lebih teliti dan menelusuri sesuatu secara mendetail agar nantinya tidak merasa dirugikan. "Terutama perihal memanajemen uang mereka dengan baik agar tidak rugi nantinya," pungkasnya.

Seminar Nasional Cendekia Festival 2023 ini merupakan acara puncak dari kegiatan festival yang dilakukan mulai dari 13 Oktober hingga 15 Oktober 2023. 

Kegiatan Cendekia Festival berskala nasional ini terdiri dari berbagai perlombaan diantaranya Lomba Debat, Lomba Poster Ilmiah Nasional, Lomba Essay Nasional serta Lomba Speech Nasional.

Artikel ini ditulis Anggi, peserta program Magang Bersertifikat Kampus Merdeka di RIAU ONLINE