Dikerubungi Lalat, Tumpukan Sampah “Hiasi” Jalan Soekarno Hatta Ujung

sampah-di-jalan-soekarno-hatta1.jpg
(ANGGI/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Tumpukan sampah terlihat di beberapa titik ruas Jalan Soekarno Hatta ujung, Kota Pekanbaru, Minggu 8 Oktober 2023. Kebanyakan merupakan sampah plastik dan rumah tangga.

Aroma busuk dan lalat mengerubungi tumpukan sampah. Pantauan RIAU ONLINE, tidak terlihat petugas menjaga TPS liar tersebut. Operator angkutan sampah pun belum mengangkut sampah.

Meski telah dipasang spanduk peringatan larangan membuang sampah dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK), oknum warga masih leluasa membuang sampah sembarangan di pinggir jalan. 

Satu pengendara yang melintas, Wahyu, mengaku terganggu oleh sampah yang berserakan di pinggir Jalan Soekarno Hatta.

"Ini kan jalan lintas, kemana-mana orang lewat sini, ndak nyaman aja melihat banyaknya tumpukan sampah bahkan sampai berlalat," ungkap pria yang sering melintas di kawasan tersebut.

Ia menjelaskan, awalnya cuma setumpuk sampah kecil aja di pinggir jalan. Tapi lama kelamaan ini menjadi tempat pembuangan sampah ilegal bagi sejumlah oknum yang tak bertanggung jawab. 


Saat dirinya melintas, kata Wahyu, terkadang pinggir jalan ini bersih dari sampah. Namun, sampah kembali berserakan di area tersebut dalam beberapa hari terakhir.

"Kadang saya lewat sini bersih, itu sudah diangkut sampahnya. Tapi entah mengapa, sekarang makin banyak saja sampah di sana," katanya. 

Dirinya berharap di beberapa titik tempat pembuangan sampah ilegal bisa lebih dijaga agar masyarakat tidak leluasa membuang sampah sembarangan. 

"Harapannya gitu, ada pamong yang jaga biar ndak leluasa oknum yang tidak bertanggung jawab buang sampah di situ," ucapnya.

Artikel ini ditulis Anggi, peserta program Magang Bersertifikat Kampus Merdeka di RIAU ONLINE