Hujan Diprediksi Bakal Guyur Riau Hari Ini

Hujan56.jpg
(Sufri Yuliardi)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Hujan dengan intensitas ringan lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang masih berpotensi mengguyur sebagian wilayah Riau hari ini, Kamis 5 Oktober 2023. 

Forecaster on Duty BMKG Stasiun Pekanbaru, Mia Vadilla mengatakan hujan sudah mengguyur Riau sejak pagi dan akan berlangsung hingga dini hari.

"Hujan bersifat tidak merata hanya terjadi di sebagian wilayah Riau saja," ujar Mia Vadilla.

Ia menjelaskan, pagi hari potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Rokan Hulu, Kampar, Kuantan Singingi, dan juga Rokan Hilir.

Sedangkan, siang hingga sore hari potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Kampar, Rokan Hulu, Rokan Hilir, Pelalawan, Bengkalis, Siak, Kota Dumai, dan Kota Pekanbaru,.


Pada malam hari potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Rokan Hilir, Bengkalis, dan Kota Dumai.

"Dini hari potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Kuantan Singingi, Indragiri Hulu, Indragiri Hilir dan juga Pelalawan," sebutnya.

Lanjut Mia, BMKG mengeluarkan peringatan dini untuk mewaspadai hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang.

"Berpotensi terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Rokan Hulu, Rokan Hilir, Kampar, Kuantan Singingi, dan Kota Pekanbaru pada pagi, siang, dan sore hari," ungkapnya.

Suhu udara Riau hari ini berada di angka 23.0–33.0 derajat celcius dengan kelembaban udara 50–99 persen. Sementara arah angin berhembus ke Tenggara – Selatan dengan kecepatan 10–30 km per jam.

Prakiraan tinggi gelombang di perairan Provinsi Riau berkisar antara 0.50 – 1.25 m (Rendah).