DPRD Riau Umumkan Pengunduran Diri Gubernur Syamsuar

Syamsuar812.jpg
(Istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - DPRD Provinsi Riau menggelar Paripurna Pengumuman Pengunduran Diri Gubernur Riau Syamsuar, Kamis 5 Oktober 2023. Paripurna ini dipimpin oleh Ketua DPRD Riau Yulisman dan dihadiri langsung oleh Gubernur Riau, Syamsuar.

"Pengunduran diri Syamsuar sebagai Gubernur Riau sudah kita umumkan dalam Paripurna. Selanjutnya kita akan sampaikan kepada Mendagri untuk dilakukan proses selanjutnya sesuai prosedur," ujarnya.

Menurutnya, surat pengunduran diri ini merupakan salah satu syarat yang harus dipenuhi oleh kepala daerah apabila hendak berpartisipasi sebagai Calon Legislatif (Caleg) di Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.


"Karena beliau inikan akan maju ke DPR RI. Maka memang prosedurnya menyampaikan surat pengunduran diri," jelasnya.

Sementara itu, Gubernur Riau Syamsuar mengaku mengundurkan diri karena akan maju sebagai calon anggota legislatif untuk DPR RI. Meskipun demikian, ia mengatakan masih ada waktu baginya untuk menyelesaikan sejumlah persoalan di Riau selama ia belum diputuskan untuk berhenti oleh Kemendagri.

"Saya hanya menyampaikan surat pengunduran diri hari ini. Bukan otomatis saya berhenti hari ini, masih ada waktu sampai keputusan Kemendagri," pungkasnya.