Udara Pekanbaru Tidak Sehat, Banyak Siswa Tak Pakai Masker di Sekolah

Siswa-SMPN-18-Pekanbaru.jpg
(ANGGI/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Siswa SMPN 18 Pekanbaru, Jalan Lili, Sukajadi, Kota Pekanbaru, masih belajar mengajar seperti biasa. Para siswa datang ke sekolah meski kondisi udara tidak sehat, Rabu 4 Oktober 2023.

Kabut asap yang melanda Kota Pekanbaru beberapa hari belakangan mewajibkan para siswa mengenakan masker ke sekolah. Meski begitu, masih banyak di antara siswa tidak mengenakan masker.

Pantauan RIAU ONLINE, para siswa beraktivitas di luar kelas usai menunaikan salat zuhur. Mereka bercengkrama dan bermain saat jam istirahat.

Hanya beberapa siswa yang mengenakan masker. Satu siswa yang dijumpai telah kenakan masker, Lia,  mengaku harus mengenakan masker karena terkadang merasakan perih di hidung lantaran menghirup udara yang bercampur kabut asap.

"Terkadang hidungnya pedih kalau menghirup udara makanya pakai masker," ungkapnya.


Selain itu, sejumlah guru dan staf di sekolah itu juga telah mengenakan masker. Hal ini merupakan tindak lanjuti pihak sekolah setelah adanya surat edaran dari Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru.

Surat Nomor 420/Disdik-Sekretaris.1/034/60/2023. Surat tersebut ditujukan kepada seluruh kepala sekolah PAUD, kepala TK, kepala SD hingga kepala SMP.

Disdik mengimbau agar proses belajar mengajar di sekolah dilaksanakan dalam ruangan dan mengurangi aktivitas di luar kelas. Kemudian setiap peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan diwajibkan menggunakan masker

Artikel ini ditulis Anggi, peserta program Magang Bersertifikat Kampus Merdeka di RIAU ONLINE