Tiga Warga Asal Medan Bersyahadat di Masjid Raya An Nur Pekanbaru

tiga-warga-medan-masuk-islam.jpg
(DEFRI CANDRA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Tiga orang warga asal Medan, Sumatera Utara, bersyahadat di Masjid Raya An Nur, Pekanbaru, usai salat Jumat,  29 September 2023.

Menggunakan pakaian muslim, Rendi Aginta (20), Natalia Fitriani Keliat (24), dan Roni Asido Hutabarat (38), dibimbing pengurus Mualaf Center An Nur, Rubianto dekat mimbar Khatib. 

Sebelum mengucapkan syahadat, ketiganya diminta untuk mengungkapkan alasan mereka memeluk agama Islam. Ketiganya memiliki alasan berbeda-beda, ada karena sudah niat dari hati, karena orang tua bercerai, dan ada karena lingkungan tempat tinggal mayoritas muslim. 

"Saya masuk Islam memang sudah niat dari awal. Alasan lain tidak ada. Ya  sudah niat saja," ujar Roni Asido kepada Rubianto. 

Pertanyaan yang sama juga ditanyakan Rubianto kepada Natalia Fitriani dan Rendi Aginta.

"Saya masuk Islam karena di tempat tinggal banyak orang Muslim. Kemudian saya lihat persahabatan dan persaudaraan mereka sangat hangat membuat saya tertarik masuk Islam," sebut Rendi. 


Usai menjelaskan alasan Rendi Masuk Islam, Natalia nampak malu-malu mengatakan alasannya masuk Islam. 

"Saya masuk Islam karena memang sudah niat. Selain itu karena orang tua sudah berpisah. Ibu masuk Islam dan ayah agama berseberangan. Jadi saya ikut Ibu memeluk Islam," ujar Natalia. 

Setelah mendengarkan alasan ketiga warga asal Medan tersebut. Secara bergantian mengikuti ucapan Rubianto membaca syahadat. 

Ketiganya tampak lancar mengikuti ucapan Rubianto membaca syahadat meski sedikit kaku. 

Usai membaca syahadat, ketiga mualaf diminta Rubianto untuk terus belajar tentang berwudu dan menghafal beberapa ayat pendek. 

"Habis ini, Jangan lupa mandi besar dengan niat menghilangkan hadas besar. Kemudian tetaplah istiqomah dalam memeluk agama Islam," tutup Rubianto. 

Kemudian, ketiganya mendapatkan bingkisan dari Mualaf Center An Nur berupa perlengkapan salat dan Mushaf Alquran.