Wakil Bupati Siak Patroli Karhutla dari Udara, Siak Nihil Titik Api

Wabup-Siak-patroli-karhutla.jpg
(Dok. Pemkab Siak)

RIAU ONLINE, SIAK - Wakil Bupati Siak, Husni Merza, bersama Forkopimda melakukan patroli udara untuk mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Kabupaten Siak terpantau nihil titik api.

Patroli gabungan menggunakan Helikopter Puma milik PT RAPP ini dimulai dari Kantor Bupati Siak terbang berkeliling wilayah Sungai Mandau yang rawan karhutla dan perambahan hutan.

"Selasa kemarin, kami melakukan pemantauan karhutla di wilayah Kabupaten Siak bersama tim. Terbang menuju Sungai Mandau hingga Teluk Lanus dan Putong. Dari pantauan, kami pastikan tidak ada titik api," ujar Wakil Bupati Siak Husni Merza, di Siak Sri Indrapura, Rabu, 27 September 2023.

Namun, ia mengingatkan semua pihak untuk tetap waspada karhutla mengingat cuaca panas ekstrem. Seluruh pihak dituntut siaga dan antisipasi jika terjadi karhutla.

"Ada dua titik yang menjadi konsentrasi kita Sungai Mandau dan Sungai Apit, nihil karhutla, ini bisa meyakinkan kita," kata dia.


Tim patroli udara juga memantau ketinggian air di kanal-kanal, baik milik perusahaan maupun kanal yang berada di areal perkebunan masyarakat. 

Husni dan rombongan juga mengunjungi PT RAPP Estate Sungai Mandau dan melakukan pengecekan peralatan RPK dimiliki RAPP dalam rangka mitigasi terjadi karhutla di wilayah Sungai Mandau dan sekitarnya.

"Kita lihat air di kanal masih tinggi dan air tersedia. Artinya jika terjadi sesuatu hal yang tidak kita inginkan, air mudah dijangkau. Termasuk kita tadi melihat dan mengecek peralatan pemadam dan kesiapan tim reaksi cepat RAPP antisipasi jika terjadi karhutla," terangnya.

Kapolres Siak, AKBP Asep Sujarwadi, mengatakan bahwa kegiatan ini sebagai langkah antisipasi terjadinya karhutla dan perambahan hutan di wilayah Siak, khususnya Sungai Mandau.

“Ini salah satu bentuk sinergitas TNI-Polri, pemerintah daerah dan perusahaan yang memiliki wilayah HPHTI di wilayah Siak dalam mengantisipasi terjadinya karhutla," singkat Asep.

Wabup Husni melakukan patroli udara didampingi Kapolres Siak AKBP Asep Sujarwadi dan Dandim 0322 Siak Letkol Inf M Faizal Efendi dan Manager Fire HO PT RAPP Syamsuria.