4.000 Warga Pekanbaru Sudah Manfaatkan Berobat Gratis Pakai KTP

Layanan-Kesehatan1.jpg
(INTERNET)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Ribuan warga Kota Pekanbaru sudah menikmati layanan kesehatan hanya dengan KTP. Hingga kini, program Universal Health Coverage (UHC) sudah dimanfaatkan sekitar 4.000 warga Pekanbaru.

"Jumlah ini terhitung sejak launching pada akhir Juli kemarin, yang memanfaatkan kurang lebih itu 4.000 orang," ujar Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru Indra Pomi Nasution, Jumat 22 September 2023.

Ia mengatakan, ribuan warga Pekanbaru mengakses layanan berobat gratis mulai dari puskesmas hingga ada yang dirujuk ke rumah sakit. Apalagi fasilitas layanan gratis ini sudah terintegrasi dengan sejumlah fasilitas kesehatan milik pemerintah maupun swasta.

"Kita juga koordinasi ke fasilitas kesehatan lain untuk bisa melayani masyarakat dalam keluhan penyakit yang diderita, supaya masyarakat bisa mendapatkan jaminan kesehatan," ulasnya.

Lebih lanjut Indra mengatakan, ada 144 jenis penyakit yang dicover untuk layanan ini. Masyarakat cukup membawa KTP saat berobat di layanan kesehatan yang ada di Pekanbaru.



Program Jaminan Kesehatan Pekanbaru Bertuah menyasar masyarakat kurang mampu. Penerapan UHC di Kota Pekanbaru sudah berlangsung pada 1 Juli 2023 lalu.

Masing-masing puskesmas maupun rumah sakit yang bekerjasama dengan BPJS melayani masyarakat ketika hendak berobat. Lokasinya menyebar di 49 pelayanan kesehatan di Kota Pekanbaru.

Indra mengingatkan kepala puskesmas dan rumah sakit agar bisa melayani masyarakat. Mereka bisa memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat sesuai layanan yang dibutuhkan.

"Jangan sampai masyarakat Pekanbaru tidak terlayani. Ini merupakan pesan Pj wali kota, salah satunya adalah dari sisi kesehatan kita tanggung dengan program UHC," pungkasnya.