Hujan Bakal Guyur Riau Hari Ini, Masih Tersisa 4 Hotspot di Inhu

Hujan61.jpg
(Shutterstock)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan hujan dengan intensitas ringan hingga sedang lebat, dapat disertai petir dan angin kencang berpotensi mengguyur Riau, Selasa, 19 September 2023.

Forecaster on Duty BMKG stasiun Pekanbaru, Yasir Prayuna, mengatakan hujan akan mulai mengguyur Riau pada siang dan berlanjut pada dini hari.

"Hujan tidak merata, hanya terjadi di sebagian wilayah Riau saja," ujar Yasir Prayuna. 

Ia menjelaskan, pagi hari udara kabur hingga cerah berawan, tidak ada potensi hujan. Disusul siang hari potensi hujan muncul dengan intensitas ringan hingga sedang di sebagian wilayah Kabupaten Siak, Bengkalis dan Rokan Hilir.

Sedangkan, sore hingga malam hari potensi hujan terjadi di sebagian besar wilayah Provinsi Riau.


"Namun, dini hari potensi hujan terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Siak, Bengkalis, Kampar, Pelalawan, Rokan Hulu, Kota Dumai dan Pekanbaru," tukasnya. 

Lanjut Yasir, BMKG mengeluarkan peringatan dini untuk mewaspadai potensi hujan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang.

"Potensi tersebut terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Bengkalis, Rokan Hulu, Kampar, Siak, Pelalawan dan Kota Pekanbaru pada siang, sore dan malam hari," sebutnya.

Suhu udara Riau hari ini berada di angka 22.0 – 33.0 °C dengan kelembaban Udara 55 – 99 %. Sementara arah angin berhembus ke Tenggara – Barat Daya dengan kecepatan 10 – 40 Km/jam. 

Sementara, pasca diterpa hujan kemarin sore, hotspot di Riau hari ini hanya tersisa empat titik, seluruhnya berada di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu).