Hari Ozon Internasional, Gubernur Riau Ajak Masyarakat Tanam Pohon di Pekarangan

Syamsuar821.jpg
(Winda Mayma Turnip/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Memperingati Hari Ozon Internasional (World Ozone Day) Gubernur Riau, Syamsuar, mengajak masyarakat untuk menanam pohon di pekarangan rumah masing-masing. 

Menanam pohon bermanfaat untuk membersihkan udara dan menyumbang oksigen yang diperlukan oleh makhluk hidup. Selain itu, pohon juga menyerap polutan yang biasa dihasilkan pembakaran kendaraan atau dan limbah udara sehari-hari lainnya, seperti nitrogen oksida, amonia, ozon, dan sulfur dioksida.

"Dalam rangka memperingati hari ozon ini, mengingatkan kembali bahwa kita harus peduli dengan lingkungan. Mari kita jaga lingkungan kita, mari menanam pohon di pekarangan rumah masing-masing untuk menjaga suhu bumi," ujarnya, Selasa 19 September 2023.

Lebih lanjut, ia mengatakan kecintaan menanam pohon dan menjaga kebersihan lingkungan harus ditanamkan sejak dini. Terutama kepada anak-anak yang masih memiliki rasa antusiasme tinggi.


"Seperti saat ini kita memberikan edukasi kepada anak-anak supaya memahami tentang global warming atau pemanasan global. Kita semua, setiap orang memiliki tanggung jawab untuk menyelamatkan bumi," ujarnya pasca menghadiri agenda Peringatan Ozon Internasional dan pemberian penghargaan kepada daerah dan sekolah yang berkontribusi dalam upaya penyelamatan lingkungan di Provinsi Riau.

Selain menanam pohon, masyarakat juga diimbau untuk tidak membuang sampah sembarangan. Serta senantiasa memanfaatkan peluang untuk menyelamatkan bumi, baik dari segi lingkungan, ekonomi, dan sebagainya.

"Seperti kita lihat, tadi sekolah-sekolah sudah bisa memanfaatkan lingkungan untuk menghasilkan produk-produk bernilai ekonomis," pungkasnya.