TPA Muara Fajar Kekurangan Alat Berat, Sampah Menggunung

Ilustrasi-sampah-di-PKU.jpg
(LARAS OLIVIA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Sampah menggunung di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Muara Fajar, Kota Pekanbaru. Namun keterbatasan alat menjadi kendala pengelolaan sampah di TPA.

Saat ini hanya terdapat satu unit dozer dan satu unit eskavator di TPA. Padahal seharusnya di TPA terdapat dua unit dozer dan dua unit eskavator.

"Kita sudah turun ke TPA, kita melihat tumpukan sampah itu luar biasa. Tidak mungkin rasanya dengan satu dua alat berat ini bisa tuntas," ujar Pj Wali Kota Pekanbaru, Muflihun.

Atas kondisi tersebut, pihaknya bakal mengupayakan penambahan alat berat di TPA. Penambahan alat berat bisa membantu meratakan sampah menggunung di TPA Muara Fajar.

Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Pemerintah Kota Pekanbaru bakal koordinasi dengan Badan Anggaran DPRD Kota Pekanbaru terkait anggaran untuk menambah alat berat di TPA.


"Mau tidak mau ya kami minta kesepakatan juga nanti dengan anggota Banggar kalau bisa kita menambah alat untuk bisa membantu meratakan tingginya sampah yang ada di TPA," jelasnya.

Sementara itu, Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Pekanbaru melakukan peminjaman alat berat untuk membantu pengelolaan sampah di TPA 2 Muara Fajar.

"Kita melakukan peminjaman terhadap dua unit alat berat jenis ekskavator untuk membenahi penataan sampah," kata Kepala DLHK Kota Pekanbaru, Hendra Afriadi.

Peminjaman dua unit ekskavator ini dari Pemerintah Provinsi Riau Riau melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Riau.