Tim Mandau Softball Wakili Indonesia di 18th Kuantan Slow Pitch Carnival 2023

Tim-Mandau-Softball-Club.jpg
(Istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Tim Softball Slow Pitch Mandau Softball Club menjadi perwakilan Indonesia dalam kompetisi 18th Kuantan Slow Pitch Carnival 2023 yang digelar di Kuantan, Malaysia pada 31 Agustus - 3 September 2023.

Tim Mandau Softball diisi Derry Wilton (Coach), M. Haiqal (Ass-Coach), Andres Garcia (Captain), Alex Samber, M. Ferdiansyah, Iqbal, Ramzy Haidar Zaky, Difa Hendria Qadar,Hery Agung Saifulah, Fredy Fauzar, Abdi Rahman, Nadila Jati Paramitha, Anissa Anugrah Putri, Aldita Rizky Desyana, Marlina dan Julia.

"Turnamen ini dilaksanakan rutin tiap tahun oleh Asosiasi Softball dan Baseball Pahang yang dimotori oleh Mr. Andy, salah satu pelopor softball di Kuantan, Pahang. Tahun ini merupakan Slow Pitch Carnival Ke-18 yang diikuti 25 tim dari Malaysia, Singapore, Thailand, Indonesia," ujar Ass-Coach Muhammad Haiqal Kemarin.

Tim Mandau Softball Club berasal dari Duri Kecamatan Mandau Kabupaten Bengkalis, Riau. Beranggotakan pegawai kerja di lingkungan Pertamina Hulu Rokan dan para alumni SMAS Cendana Mandau.

Peserta Tournament Kuantan Slow Pitch Carnival 2023 tahun ini dibagi dalam 5 grup, dan tim Mandau Softball Club (INA) tergabung di grup A bersama Blue Mountain (THA) Juara 2 Tahun yang lalu, Monfort Alumni (SIN), Pahang Educators (MAS), X-Dunter (MAS). Mandau Softball Club sendiri memulai pertandingan pada Kamis, 31 Agustus 2023 lalu.

Pertandingan pertama di hari pertama, Mandau Softball Club Vs Blue Mountain merupakan juara bertahan 2 tahun berturut-turut harus tunduk menghadapi Mandau Softball Club dengan skor 9 - 6

Melawan Tim Asal Thailand, Tim Mandau Softball Club tampil taktis, sempat ketinggalan di Inning awal tim Mandau Softball Club mampu mengejar ketertinggalan di Inning yang tersisa.


Pertandingan kedua Tim Mandau Softball Club VS Tim Asal Singapura Montfort Alumni, Kali ini Tim Mandau Softball Club kalah dalam pertandingan fase grup A dengan Score 9-2.

Pertandingan pertama di hari kedua, Jumat, 1 September 2023, Tim Mandau Softball Club VS Tim Asal Malaysia X-Dunter. Tim Asal Indonesia Mandau Softball Club  Berhasil Memenangkan Game ke 3 dengan Score 7 - 4.

Pertandingan kedua Mandau Softball Club VS Tim Asal Malaysia Pahang Educators, Mandau Softball Club dapat memenangkan dengan skor 9-0, sekaligus mengantarkannya menuju perempat final dengan menjadi runner-up di Grup A.

Pertandingan di hari ketiga, Sabtu, 2 September 2023, Game Perempat Final Tim Mandau Softball Club (INA) VS Tim Aces (MYS).

Dramatis, tim asal Indonesia Mandau Softball Club mengalahkan tim asal Malaysia Aces (MYS) melalui pertandingan penuh "drama".

Kedua tim saling kejar mengejar dan 3x seri sebelum Tim Mandau Softball Club menutup pertandingan dengan kemenangan walk off dengan score 6-5. Tim Mandau Softball Club menuju semi final.

Pertandingan di hari keempat, Minggu, 3 September 2023, Game Semi Final Tim Mandau Softball VS Tim Mercury. Namun sayang Tim Mandau Softball tidak dapat melanjutkan perjuangan ke babak final karena harus mengakui kekuatan tim Mercury yang merupakan atlet muda malaysia.

Pertandingan kedua penentuan juara 3 dan 4 Tim Mandau Softball Club VS Tim Tagor. Tim Mandau Softball Club harus menelan kekalahan oleh tim lawan, Mandau Softball Club menduduki posisi 4 di turnamen kali ini.

"Dengan hasil Juara 4 ini Tim Mandau Softball Club sangat merasa puas dan bangga karena tidak pernah terbayang kita bisa sampai di posisi 4 dari 25 tim asal Malaysia, Singapore, dan Thailand. Selamat kepada Tim CB King's yang juara pada tahun ini setelah berhasil menundukkan tim Mercury," ungkap  Coach Mandau Softball Club, Derry Wilton.