Ketua DPRD Siak Ikuti Penanaman Mangrove Lestarikan Negeri Penghijauan Sejak Dini

Penanaman-mangrove-di-siak1.jpg
(Dok. Wahyu)

RIAU ONLINE, SIAK - Ketua DPRD Siak, Indra Gunawan, ikut dalam gerakan penanaman pohon yang ditaja oleh Polri, dalam rangka HUT ke-78 RI dengan mengangkat tema Polri lestarikan negeri penghijauan sejak dini, Sabtu 19 Agustus 2023.

Indra juga mengapresiasi kegiatan itu. Menurutnya, kegiatan ini sejalan dengan peraturan daerah (Perda) Siak hijau yang melestarikan lingkungan secara berkelanjutan, salah satunya dengan penanaman pohon.

Ketua DPD Golkar Siak itu mengatakan, upaya penghijauan yang dilakukan diharap berdampak pada kehidupan di masa akan datang. Menurutnya pohon bukan hanya memberikan oksigen untuk manusia namun tempat satwa bergantung hidup.

"Kami mewakili segenap warga Kabupaten Siak mendukung dan mengapresiasi apa yang telah dilaksanakan Polri khususnya Polres Siak," ucap Indra.

Bagi politisi Golkar itu, satu pohon menambah satu kehidupan, contohnya hutan Mangrove, selain memberikan kehidupan bagi ikan, juga berfungsi mencegah terjadinya abrasi.



Selain itu, kayu bakau juga bisa dimanfaatkan oleh masyarakat. Gerakan penanaman pohon bakau, sangat bermanfaat sekali bagi kehidupan generasi kita seterusnya.

Sementara itu Kapolres Siak, AKBP Asep Sujarwadi mengatakan, gerakan penanaman pohon ini dilakukan secara serentak diinisiasi Polri dalam rangka HUT ke-78 RI dengan mengangkat tema Polri lestarikan negeri penghijauan sejak dini. Untuk itu Polres Siak dan jajaran ikut berpartisipasi melaksanakan penanaman bibit pohon serentak di wilayah Kabupaten Siak.

Pohon yang ditanam berbagai jenis, sebanyak 3.500 bibit, salah satunya jenis mangrove.

“Mabes Polri menargetkan penanaman 1 juta bibit pohon hingga Oktober mendatang di seluruh Indonesia," tambah Kapolres Siak.

Kegiatan ini sebagai bentuk kontribusi Polri untuk mengatasi masalah perubahan iklim. Menurutnya, program penghijauan tersebut sangat bermanfaat bagi kelangsungan kehidupan generasi berikutnya.

"Terima kasih kami ucapkan kepada bapak Ketua DPRD Kabupaten Siak yang hadir mendukung kelancaran acara penghijauan. Semoga kita selalu dapat bersinergi melakukan hal-hal baik lain kedepannya," tutup Asep.(Infotorial DPRD Siak)