Pagi Ini 33 Titik Panas Tersebar di 4 Daerah Riau, Inhu Terbanyak

Titik-panas3.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru mencatat 853 titik panas (hotspot) tersebar di Sumatera, Selasa, 5 September 2023, pagi.

Prakirawan BMKG Pekanbaru, Mia Vadilla menyebut ada 33 titik panas di Riau. Sedangkan titik panas terbanyak berada di Sumatera Selatan dengan 546 titik.

"Kemudian disusul Bangka Belitung 93,  Lampung 89 titik. Lalu Provinsi Jambi satelit mendeteksi 35 titik, Riau 33 titik, Kepulauan Riau 28, Bengkulu 26 titik, dan Sumatera Barat 3 titik," ungkapnya.

Mia mengatakan titik panas di Riau terdeteksi tersebar di empat kabupaten/kota. Yakni Kabupaten Pelalawan dan Kota Pekanbaru masing-masing terdapat satu titik, serta Indragiri Hulu (Inhu) 8 titik.


"Hotspot terbanyak di Riau terdeteksi di Indragiri Hilir (Inhil), mencapai 23 titik," imbuhnya.

Menurutnya, maraknya titik panas perlu diwaspadai karena dapat meningkatkan risiko kebakaran hutan dan lahan, terutama di musim kemarau seperti saat ini. Pihak BMKG terus memantau perkembangan situasi ini dan memberikan peringatan dini kepada masyarakat.

Apalagi, suhu udara Riau hari ini berada pada kisaran 23.0 – 34.0 derajat celcius dengan kelembaban udara 45 – 98 persen. Sementara arah angin berhembus ke Selatan - Barat Daya dengan kecepatan 10 – 30 km per jam.