Akhir September 2023, Disdik Riau Launching Pendidikan Berbasis AI di 3 SMA

ILUSTRASI-SMA.jpg
(Istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Riau, Kamsol, mengatakan pemerintah akan meluncurkan pendidikan berbasis artificial intelligence (AI) di tiga SMA Provinsi Riau, pada akhir September 2023. 

Hingga saat ini, sejumlah guru inti tengah menyusun materi pelajaran yang nantinya akan dimasukkan ke dalam sistem aplikasi. 

"Sampai tanggal 6 hingga 9 September nanti, konten materi pelajaran akan dimasukkan kedalam sistem. Kemudian diterjemahkan kedalam sistem AI itu sendiri agar dapat diinstal oleh masing-masing sekolah," ujarnya, Senin, 4 September 2023.



Kamsol mengatakan, saat ini baru tiga SMA yang akan menerapkan pendidikan sistem AI tersebut. Sekolah yang dimaksud yakni SMA Negeri 1 dan SMA Negeri 5 Pekanbaru serta SMA Negeri 2 Bangkinang.

"Konsep pendidikan AI ini prinsipnya adalah memudahkan sistem pembelajaran online dan lebih terkontrol. Akhir bulan ini kita launching di tiga sekolah, sekolah yang sudah siap saja dulu, baru selanjutnya bertahap ke sekolah lainnya," pungkasnya.