Jelang 2 Bulan Porwil XI Sumatera di Riau, Sejumlah Venue Masih Butuh Renovasi

Ilustrasi-Pekan-Olahraga2.jpg
(Istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Provinsi Riau akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) XI Sumatera pada 4 sampai 14 November 2023 mendatang. Dalam rentang waktu dua bulan yang tersisa, sejumlah venue yang dipersiapkan masih membutuhkan renovasi.

Wakil Ketua III KONI Riau Khairul Fahmi mengatakan, ada 10 venue yang akan digunakan untuk pertandingan 10 cabor yang sudah diputuskan. Satu di antaranya masih memerlukan renovasi, yakni di Aquatic Center Rumbai, Kota Pekanbaru. 

"Kemarin kita lakukan pengecekan, untuk venue renang kan di Aquatic Rumbai. Ternyata kolam untuk pemanasan dan kolam untuk pendinginan bagi atlet sebelum dan sesudah bertanding itu ada kebocoran. Jadi perlu diperbaiki," ujarnya, Jumat, 1 September 2023.

Selain itu, pihaknya juga masih menunggu verifikasi anggaran untuk perbaikan venue atletik. Venue atletik ini akan diselenggarakan di Kabupaten Kampar.

"Venue atletik ini kemarin memang dilaporkan ada sejumlah perbaikan yang harus dilakukan. Karena di Kabupaten Kampar, perbaikannya memang menjadi tanggung jawab Bupati Kamparnya. Tetapi kemarin mereka meminta agar angka perbaikan ini segera disampaikan," jelasnya.


Selain itu, KONI Riau juga sudah mengusulkan penggunaan GOR Basket Rumbai untuk mengganti GOT Tribuana yang dinilai kurang luas untuk barongsai. 

"Yang itu sudah diverifikasi. Jadi selain yang perlu diperbaiki tadi, venue lainnya sudah siap untuk menjadi lokasi pertandingan Cabor-cabor Porwil Sumatera," jelasnya.

Fahmi menegaskan, terkait perbaikan venue sudah dikoordinasikan kepada pihak terkait. Perbaikan venue-venue itu diperkirakan hanya akan menghabiskan waktu dua Minggu, sehingga Porwil XI Sumatera diyakini akan terselenggara tepat waktu.

"Di luar venue, untuk technical handbook atau buku pedoman baik untuk acara menyeluruh maupun masing-masing PB sudah siap dan sudah mulai kita edarkan. Kemudian kita juga sudah start pendataan atlet dengan entry by sport dan by name, kita jadwalkan pendataan ini sampai 31 September," pungkasnya.