Deklarasi Pemilu Damai 2024, Syamsuar: Pemilu Wahana Pemenuhan Hak Politik Rakyat

Syamsuar810.jpg
(MG Yogi Septian Yahya/RIAU ONLINE)

Laporan: MG Yogi Septian Yahya

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Gubernur Riau menghadiri Deklarasi Pemilu Damai 2024 yang digelar Polda Riau dalam rangka mewujudkan pemilu yang bersih,aman, damai, kondusif, dan berintegritas, di Provinsi Riau. 

Kegiatan ini dihadiri jajaran KPU Riau dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau yang dilaksanakan di SKA CO-EX, Pekanbaru, Senin, 28 Agustus 2023. 

Gubernur Riau, Syamsuar, menyampaikan kegiatan ini bermanfaat dalam rangka membantu pemerintah dan penyelenggara Pemilu di Riau.

“Tujuannya bagaimana menyukseskan penyelenggaraan Pemilu 2024, baik pemilihan presiden, wakil presiden, pemilihan anggota DPR RI, DPRD, DPRD Kabupaten dan kota, DPD dan juga tentunya Pilkada,” kata dia. 


Politikus Golkar itu mengingatkan yang perlu dipikirkan menuju tahun politik adalah harapan masyarakat luas.

“Harapan rakyat agar Pemilu dan Pilkada bisa menjadi wahana pemenuhan hak-hak politik rakyat secara langsung, inklusif dan demokratis. Pemilihan umum ini harus dilaksanakan secara langsung, umum, bebas dan rahasia," kata Syamsuar.

Ia pun berpesan kepada penyelenggara pemilu, baik KPU dan Bawaslu, serta pemerintah provinsi dan daerah, bersinergi untuk menyukseskan pesta demokrasi pada 2024 mendatang.

"Harapannya adalah agar Pemilu ini berjalan dalam keadaan aman, damai, jujur, adil serta agar Pemilu dan Pilkada dapat menghasilkan pemimpin yang terbaik, baik untuk Indonesia maupun untuk seluruh daerah yang ada," harapnya.

“Setiap proses pelaksanaan dengan saling berkoordinasi, berkomunikasi, bekerja sama sehingga menghindari dan mencegah terjadinya setiap potensi konflik selama pelaksanaan pesta demokrasi 2024,” tutup Syamsuar.