Festival Pacu Jalur Sudah Berusia Satu Abad, Tapi Masih Minim Bantuan Pemerintah

Sekda-Riau-beri-bantuan-pacu-jalur.jpg
(ROBI SUSANTO/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN - Festival Pacu Jalur sudah berusia satu abad lebih masih minim bantuan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau maupun pusat. Padahal kegiatan khas Riau ini sudah ditetapkan menjadi bagian dari Kharisma Event Nusantara (KEN).

Festival Pacu Jalur (FPJ) tahun 2023 ini Pemprov Riau hanya membantu Rp 250 juta. Bantuan tersebut masih jauh dari harapan. FPJ tahun 2023 menghabiskan anggaran Rp 4,4 miliar.

Bantuan Rp 250 juta tersebut diserahkan Sekda Provinsi Riau SF Haryanto kepada Bupati Kuansing Suhardiman Amby saat acara pembukaan pacu jalur di lapangan Limuno Teluk Kuantan, Rabu, 23 Agustus 2023.

Bupati Suhardiman Amby dalam sambutannya mengatakan untuk kegiatan Festival Pacu Jalur tahun ini menghabiskan anggaran Rp 4,4 miliar. Dari APBD Kuansing hanya dianggarkan sekitar Rp 1,6 miliar.



Panitia harus mencari bantuan untuk menutupi kekurangan anggaran pelaksanaan FPJ. Kekurangan dana tersebut lanjut Suhardiman berasal dari bantuan sejumlah sponsorship dari Provinsi Riau mulai dari PT RAPP, perusahaan sawit, pengusaha sawit yang ikut membantu.

"Kalau anggaran Rp 4 miliar, tahun depan Rp 6 miliar semoga bisa dibantu," harap Suhardiman.

Pacu jalur kata Suhardiman, tahun ini digelar hampir setiap bulan dan tidak hanya di bulan tertentu saja. Pacu jalur bisa disaksikan setiap bulan oleh masyarakat.

Sementara Sekda Provinsi Riau SF Haryanto dalam sambutannya menyampaikan permohonan maaf Gubernur Riau karena tidak bisa hadir saat acara pembukaan.

"Pak Gubernur menyampaikan permohonan maaf karena secara bersamaan beliau akan menerima penghargaan di Kemenpora," kata SF Haryanto.