Resmi Ditutup, Kenduri Riau Dongkrak Sektor Wisata hingga Ekonomi Kreatif

M-JOB-tutup-kenduri-riau.jpg
(SOFIAH/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Perhelatan akbar Kenduri Riau 2023 resmi ditutup pada Minggu, 20 Agustus 2023, malam, setelah berlangsung sejak 17 Agustus 2023. Acara tahunan ditutup oleh Asisten II Sekdaprov Riau M Job Kurniawan, mewakili Gubernur Riau, Syamsuar.

M Job berharap Kenduri Riau dapat menjadi barometer dalam bidang pariwisata, ekonomi, dan kreatif, di Bumi Lancang Kuning.

"Sektor pariwisata dapat memberikan sumbangsih dalam geliat ekonomi di Bumi Lancang Kuning. Panitia harus melakukan penambahan dan melakukan kurasi, siapa saja yang akan mengisi di Kenduri Riau yang akan datang," katanya.

Upaya memperkenalkan wisata di Riau dalam rangkaian Kenduri Riau mulai dari Festival Subayang, Bakar Tongkang, Pacu Jalur, dan lainnya. 

M Job mengatakan upaya untuk meningkatkan wisata hingga perekonomian Riau harus terus digalakkan sebagaimana jati diri sebagai orang Melayu.


"Kita sebagai orang Riau perlu bersyukur, karena mampu bersaing menjadi fenomena yang membanggakan yang terus bertumbuh dan berkembang," ujarnya.

Job juga berterimakasih kepada masyarakat Riau, pelaku UMKM, pegiat pariwisata Riau, yang sudah terlibat dalam Kenduri Riau. Ia pun mengapresiasi banyaknya pelaku seni yang tampil serta sudah terpilihnya Bujang dan Dara Riau 2023 yang menjadi ikon Riau ke depan.

Closing ceremony atau malam penutupan Kenduri Riau 2023 juga menampilkan orkestra yang jarang didengar di Tanah Melayu. OK Kober menghibur pengunjung Kenduri Riau 2023 lewat musik klasiknya.

OK Kober menampilkan musik bergenre keroncong dengan balutan Melayu yang diisi dalam lagu Selayang Pandang dan Jali-jali. 

Selain itu, orkes dari Ranah Minang, Orkes Taman Bunga, turut menghibur pengunjung lewat gaya nyentriknya. 

Kenduri Riau 2023 pun ditutup dengan penampilan musisi Tanah Air, Ifan Seventen. Semangat pengunjung tak surut meski hujan mengguyur Anjung Seni Idrus Tintin, Purna MTQ, Jalan Jenderal Sudirman, Pekanbaru, yang menjadi lokasi digelarnya closing ceremony Kenduri Riau 2023.