Sempat Surut, Debit Air Aliran Sungai Sail Kembali Naik Usai Hujan

Sungai-Sail6.jpg
(Riau Online/Laras Olivia)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Hujan mengguyur Kota Pekanbaru, Senin 14 Agustus 2023. Hujan dengan intensitas sedang turun dari pagi hingga siang hari dan hampir merata terjadi di beberapa wilayah.

 

Debit air aliran Sungai Sail pun tampak naik meski sempat mengalami penurunan beberapa waktu lalu. Meski begitu, air tidak sampai meluap hingga menggenangi jalan.

 

Sebelumnya, cuaca panas beberapa pekan di Kota Pekanbaru mengakibatkan debit air sungai maupun aliran sungai mengalami penurunan. Akibatnya air permukaan sungai pun surut hingga terlihat endapan sungai.

 

Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru, Muflihun mengaku dirinya tidak bisa berbuat banyak dengan kondisi alam dan potensi kemarau. Ia menyebut kondisi yang terjadi saat di sejumlah sungai dan aliran sungai karena faktor alam. 



 

"Kalau kemarau ini alam ya, kalau Allah berkehendak tentu kondisinya kemarau," ungkapnya.

 

Dirinya mengajak seluruh elemen masyarakat di Kota Pekanbaru bisa banyak berdoa. Dengan berdoa ia berharap agar masyarakat bisa terlepas dari ancaman kemarau.

 

Walau demikian, pemeirntah kota tetap mengambil langkah antisipasi menghadapi ancaman kemarau. Mereka bakal mengantisipasi kekurangan sumber air akibat kemarau yang melanda.

 

"Upaya pemerintah, nanti kita coba juga cari solusi, apa yang harus kita buat ke depannya," paparnya.