Dua Kecamatan di Pekanbaru Ini Rawan Kebakaran Lahan

Karhutla-di-Garuda.jpg
(DEFRI CANDRA/RIAUONLINE.CO.ID)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kebakaran lahan masih menjadi ancaman bagi masyarakat Kota Pekanbaru. Saat ini kawasan rawan kebakaran lahan ada di dua kecamatan, yakni Rumbai dan Bina Widya.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pekanbaru mendata luas lahan yang terbakar di Kecamatan Rumbai mencapai 10,78 ha. Sedangkan di Kecamatan Bina Widya luas lahan yang terbakar hingga saat ini mencapai 7,7 ha.

"Untuk data saat ini, lokasi yang rawan kebakaran lahan ada di Rumbai dan Bina Widya," jelas Kepala Pelaksana BPBD Kota Pekanbaru melalui Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik, Alan Kurnia.

Ia menyampaikan, total ada 56 kebakaran lahan yang terjadi sejak Januari 2023 lalu. Dari peristiwa tersebut, 34 ha lahan terbakar sejak Januari 2023 lalu.


Alan menyampaikan bahwa tim BPBD Kota Pekanbaru melakukan upaya pemadaman lahan terbakar bersama tim gabungan dari TNI, Polri, Damkar, Manggala Agni, PK Pertamina dan warga.

"Ada juga personel BPBD Provinsi Riau ikut membantu memadamkan lahan yang terbakar," paparnya.

Intensitas hujan selama beberapa hari ini juga membantu mendinginkan titik panas yang ada di Pekanbaru. Ia menilai situasi lebih terkendali dengan adanya hujan yang mengguyur kota.

Dirinya juga memastikan tidak ada titik lahan baru yang terbakar pasca hujan mengguyur. Namun pihaknya masih melakukan patroli apabila terpantau ada titik panas.