Deputi Gubernur BI Dorong Peningkatan Kualitas UMKM Provinsi Riau

UMKM-Riau-di-gernas-bbi-bbwi.jpg
(Septri Windiyana Putri/MG Riau Online)

LAPORAN: SEPTRI WINDYANA PUTRI

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI), Juda Agung, hadir secara virtual dalam Opening Ceremony dan Harvesting Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) dan Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI) yang berlangsung di halaman Kantor Gubernur Riau, Sabtu, 29 Juli 2023.

Juda Agung menyampaikan semenjak pandemi Covid-19, kegiatan-kegiatan perekonomian mengalami kendala dan penurunan. Untuk itu perlu adanya upaya agar tetap menjaga ekonomi domestik masih konsisten bisa tumbuh diatas 5 persen.

"Inilah yang kita harapkan dari sektor UMKM dan pariwisata mampu terus mendorong denyut perekonomian domestik. Oleh karena itu acara yang kita hadiri bersama hari ini menjadi sangat penting guna mendorong penggunaan produk dalam negeri dan pariwisata sekaligus mempercepat perputaran ekonomi lokal," jelas Juda Agung dalam kata sambutannya.

Dirinya menyampaikan tiga poin penting yang perlu diperkuat untuk masa depan UMKM dan pariwisata khususnya di Riau. Yakni, mensinergikan berbagai aktivitas pengembangan UMKM seperti korasi dan Onboarding UMKM maupun pelatihan penggunaan SIAPIK (Sistem Informasi Aplikasi Pencatatan Informasi Keuangan) untuk UMKM.

Kemudian, perluasan akses pasar melalui promosi perdagangan dan business matching. Serta mendorong pelaku UMKM untuk bisa naik baik itu melalui penguatan kelembagaan, perluasan kemitraan, peningkatan kapasitas melalui bantuan teknis, pelatihan, peningkatan akses biaya dengan didukung oleh program digitalisasi.

"Hal ini diharapkan dapat semakin meningkatkan eksposur produk UMKM Riau ke pasar yang lebih luas," ucapnya.

Juda Agung menjelaskan, Bank Indonesia melaporkan saat ini produk UMKM Riau menunjukkan capaian yang membanggakan baik di tingkat nasional maupun internasional melalui kerjasama dengan negara lain seperti Malaysia, Singapura dan Australia.


"Alhamdulillah kemarin rekan-rekan Bank Indonesia melaporkan kepada saya penjualan produk dan kesepakatan bisnis mencapai Rp 5,55 miliar produk unggulan UMKM Riau," katanya.

Juda Agung mengajak masyarakat untuk terus mencintai, membeli, dan menggunakan produk-produk anak bangsa. Dengan demikian produk-produk anak bangsa dapat bersaing di negeri sendiri dan membuat industri kreatif nasional dapat berkembang dengan pesat.

Di akhir acara ada penyerahan uang pembinaan kepada UMKM juara Gernas BBI dan BBWI Provinsi Riau 2023 yang telah mengikuti program pelatihan dan pendampingan selama dua bulan yang diselenggarakan oleh OJK yang dikontribusikan secara bersama oleh BRI, Bank Mandiri, BNI, BSI, BRK Syariah, Pegadaian, PT Dana, Shopee, dan Provinsi Riau.

Penyerahan dilakukan langsung oleh Gubernur Riau Syamsuar, Ketua Dewan Komisioner OJK Riau Mahendra Siregar, Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan, Edukasi, dan Perlindungan Konsumen OJK Friderica Widyasari, Deputi Bidang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Odo RM Manuhutu, dan Kepala Kantor Perwakilan BI Riau Muhammad Nur.

Berikut 5 pemenang UMKM terbaik juara Gernas BBI dan BBWI Provinsi Riau 2023:

1. Thiffa Qaisty Salsabila dengan usaha Sakinah by Thiffa Qaisty menerima uang binaan sebesar Rp 15 juta

2. Marlian Dwi Ratih dengan usaha Mahacinta Jewelry menerima uang binaan sebesar Rp 13 juta.

3. Raudhah Ziyan Suarni dengan usaha Kerupuk Lomang Balado Ummi menerima uang binaan sebesar Rp 12 juta.

4. Novria Flaherti dengan usaha Madu Dafana menerima uang binaan sebesar Rp 10 juta.

5. Mesinem dengan usaha Tenun Bu Mis menerima uang binaan Rp 10 juta.