Panwaslu Rumbai Barat Sosialisasikan Kawal Hak Pilih ke Siswa SMA

Sosialisasi-Panwaslu-di-SMA.jpg
(BAGUS PRIBADI/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Panwaslu Kecamatan Rumbai Barat melaksanakan program Posko Kawal Hak Pilih di SMA Negeri 13 Pekanbaru, Kamis, 27 Juli 2023. Program tersebut dibuat dalam bentuk sosialisasi interaktif yang diikuti peserta didik. 

Anggota Panwaslu Kecamatan Rumbai Barat, Triandi Bimankalid, mengatakan sosialisasi ini merupakan amanat Undang-undang sebagai sarana edukasi.

Tujuannya, kata Triandi, guna meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengawasan

Pemilu di wilayah Kecamatan Rumbai Barat. Pengawas Pemilu di Rumbai Barat juga ingin memastikan pemilih pemula di wilayah itu mendapatkan haknya. 


"Kami menyasar pemilih pemula sebagai generasi penerus bangsa ini, dan juga mengecek di DPT, apakah Adik-adik kita di SMAN 13 ini tidak kehilangan hak pilihnya," terang dia. 

Pasca tahapan pencocokan dan penelitian data pemilih untuk Pemilu 2024 beberapa waktu lalu, jajaran Bawaslu Kota Pekanbaru memang membuka posko kawal hak pilih di seluruh kecamatan. 

Anggota Bawaslu Kota Pekanbaru, Rizqi Abadi, mengatakan posko kawal hal pilih yang didirikan di beberapa tempat ini menjadi solusi bagi masyarakat mengadukan perihal persoalan menyangkut hak pilih.

"Kami masih terus membuka posko kawal hak pilih ini, untuk memudahkan masyarakat melaporkan perihal daftar pemilih," ujarnya.