Pasar Palapa Direvitalisasi, Pedagang Direlokasi ke TPS

Pasar-Palapa-Pekanbaru.jpg
(LARAS OLIVIA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Para pedagang di Pasar Palapa Kota Pekanbaru dipindahkan ke Tempat Penampungan Sementara (TPS). Relokasi ini seiring rencana revitalisasi pasar yang berada di Jalan Durian tersebut.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru, Zulhelmi Arifin menyebut, proses revitalisasi Pasar Palapa, Kota Pekanbaru bergulir, Senin 10 Juli 2023.

Rencananya lapak yang ada bakal berganti bangunan seperti hall atau aula dengan konstruksi baja. Pada bagian atasnya dinanti terdapat hiasan selembayung.

"Bentuknya nanti seperti hall, posisinya di belakang ini karena untuk pasar basah. Jadi nanti ikan, ayam, daging, sayur sayuran nanti disini," paparnya.

Pria disapa Ami menyampaikan, saat ini proses pembersihan sudah dilakukan. Seluruh lapak di bagian belakang pasar sudah dirobohkan. 


Pihak ketiga yang menjadi rekanan harus memasang seng untuk mulai pengerjaannya. Proses pembangunan rencananya berlangsung selama empat bulan.

Puluhan pedagang bakal ditempatkan di pasar dengan konstruksi baja tersebut. Total tersedia 106 kios diratakan seiring revitalisasi Pasar Palapa. Lokasi tersebut bakal menjadi area parkir yang lebih lebar.

Lebih lanjut Ami mengatakan, revitalisasi Pasar Palapa diperkirakan akan selesai dalam waktu empat bulan. 

“Kami sudah sosialisasikan kepada seluruh pedagang terkait revitalisasi ini. Kami juga sudah membuat surat," ujarnya.

Ada sekitar 80 pedagang yang harus direlokasi ke TPS. "Saya harap revitalisasi pasar rampung dalam empat bulan. Peletakan batu pertama (ground breaking) segera dilakukan," katanya.