Kisah Sawalul Amri Gantikan Ayah Naik Haji: Alhamdulillah Selalu Ada Kemudahan

Jemaah-Haji9.jpg
(Riau Online/Laras Olivia)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Sawalul Amri (50) tak henti mengucap syukur sampai dengan selamat di tanah air, Rabu 5 Juli 2023. Ia tiba di Kantor Kementerian Agama Pekanbaru setelah menuntaskan rangkaian ibadah haji.

Sawalul merupakan satu jemaah haji pelimpahan dari orangtua. Ayahnya, Sofyan Abdurrahman (88) batal berangkat  ke tanah suci tahun ini karena kondisi kesehatan tidak memungkinkan. Ia pun berkesempatan berangkat ke tanah suci pada 23 Mei 2023 lalu.

 

"Ayah mengalami pengapuran tulang sehingga tidak bisa melanjutkan keberangkatan ke tanah suci tahun ini," terangnya.

 

Sawalul bersyukur atas segala kemudahan selama beribadah di tanah suci meskipun sejumlah jemaah kala itu mengalami kendala pasokan makanan.

 

Ia mengaku bersama rombongan mendapat banyak kemudahan, apalagi saat menjalani puncak wukuf di Arafah. Rombongan haji dari Pekanbaru tidak mengalami kendala dalam penyaluran makanan.   

 

"Alhamdulillah selalu ada kemudahan. Berita terkait kendala pasokan makanan sudah menyebar, keluarga bertanya waktu itu. Alhamdulillah kami juga tidak apa-apa," ucapnya.

 

Dirinya saat itu bersama para jemaah haji menunaikan wukuf dalam puncak ibadah haji. Ia bersyukur rombongan lima Kloter 2 Batam selama menjalani ibadah haji tidak ada kendala berarti.



 

Anggota rombongannya juga banyak membantu jemaah haji dari Kloter lain yang tersesat ketika sedang berada di tanah suci. Ia bersama rekan sesama rombongan mengantar ke tenda jemaah tersebut.

 

 

 

 

"Ada juga pengalaman spiritual di sana, tapi saya tidak bisa cerita. Cukup saya dan Allah saja yang tahu," tuturnya.

 

Sawalul juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh tim kesehatan yang sudah banyak membantu para jemaah haji terutama lansia.