Hujan Disertai Petir dan Angin Kencang Diprediksi Guyur Sebagian Besar Riau

Ilustrasi-hujan6.jpg
(Istimewa via Suara.com)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan hujan sedang hingga lebat mengguyur sebagian besar wilayah Riau pada Rabu, 5 Juli 2023. 

Forecaster On Duty BMKG Riau, Moh Ibnu, mengatakan hujan dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang.

"Wilayah yang diguyur hujan, kilat, dan angin kencang itu diantaranya berada di Kabupaten Kampar, Indragiri Hulu (Inhu), Bengkalis, Rokan Hulu (Rohul), Rokan Hilir (Rohil), Siak, Kuantan Singingi (Kuansing), dan Dumai. Itu terjadi pada pukul 01.00 WIB sampai 01.10 WIB," ungkapnya.

Kendati begitu, potensi hujan ini juga menyebar ke wilayah yang berada di Kabupaten Pelalawan hingga pukul 04.30 WIB. Hujan tersebut pun masih bertahan di Kampar, Rohul, Rohil, serta Siak.


*Meski ada potensi hujan tidak menutup kemungkinan wilayah tersebut berawan dan cerah berawan pada pagi hari ini," terangnya.

Sementara pada pukul 07.50 WIB hingga pukul 08.00 WIB potensi hujan lebat kembali terjadi. BMKG memperkirakan hujan berlangsung hingga pukul 10.30 WIB di Kampar, Inhu, Pelalawan, Kuansing, dan Rohul.

"Peringatan dini untuk Kota Pekanbaru akan terjadi hujan pada sore hingga malam hari," ujarnya yang mana beberapa wilayah telah diguyur hujan seperti di Marpoyan Damai serta Hangtuah.

Sementara, suhu udara di Riau berkisar 23 sampai 33 derajat celcius. Kemudian, kelembaban udara 50–98 persen, dengan angin bertiup dari arah Timur - Selatan atau 10 – 30 km per jam.