Siap Lahirkan SDM Unggul, Pemprov Riau Siapkan Beasiswa

Ilustrasi-Beasiswa2.jpg
(INTERNET)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau terus membuat gebrakan baru untuk meningkatkan kualitas peserta didik. Dalam pertemuan yang digelar hari ini, Senin, 3 Juli 2023, Gubernur Riau, Syamsuar, membahas beasiswa bersama kepala sekolah (kepsek) SMA/SMK sederajat.

"Saya menerima laporan ada anak kurang mampu di sekolah swasta dalam hal pendidikan. Meningkatkan kualitas pendidik melalui program beasiswa, peningkatan kompetensi, sertifikasi profesi, dan lain-lain," ucapnya.

Syamsuar menegaskan anak-anak tidak mampu akan memberi bantuan oleh pemerintah. Dengan begitu, anak-anak Riau ini bisa sekolah dan berjalan dengan lancar. 

"Kita (Pemerintah) akan bantu anak-anak yang tidak mampu. Saat ini ada kelebihan PPDB dan nantinya itu akan kita alokasikan juga," ujarnya.


Rencana strategis Pemprov Riau dalam hal pendidikan di antaranya meningkatkan pemerataan akses dan mutu pendidikan, melanjutkan dan memperluas program pendidikan vokasi. Kemudian, meningkatkan kualitas kelulusan peserta didik melalui pemenuhan kebutuhan sekolah sesuai standar, penyelenggaraan sekolah unggulan (SMAN Plus, SMAN Pintar, SMAN Olahraga, serta memperbanyak SMK sebagai Pusat Keunggulan (SMK PK). 

Menurut Syamsuar, peningkatan mutu dan kualitas pendidikan untuk menghasilkan SDM di Riau yang berdaya saing tinggi dan unggul di bidang pendidikan.

"Ini merupakan investasi dan tanggung jawab bersama untuk kemajuan negeri, bangsa, dan negara," tuturnya.