Suarakan Riau Bebas Asap, Tugu Zapin Berkobar di Tengah CFD Pekanbaru

Tugu-zapin1.jpg
(SOFIAH/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Tugu Zapin yang menjadi satu dari area car free day (CFD) di Kota Pekanbaru dipenuhi sejumlah warga dengan spanduk, Minggu, 28 Mei 2023. Mereka mengelilingi tugu yang berada di antara Jalan Jenderal Sudirman dan Gajah Mada itu, mereka membentangkan spanduk yang menyuarakan Riau bebas asap.

Bahkan, tugu dengan bentuk sepasang pemuda dan pemudi menari di itu separuhnya telah dipenuhi dengan coretan layaknya api kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang menyala.

Kampanye Riau Bebas Asap 2023 itu diinisiasi organisasi penyelamat hutan Riau dan sejumlah seniman di Pekanbaru.

tugu zapin cfd

Foto: SOFIAH/RIAU ONLINE

Kegiatan ini menarik perhatian masyarakat yang menikmati kegiatan CFD di kawasan tersebut. Satu di antaranya Diana yang turut memberikan apresiasi.


"Kebakaran hutan harus dihentikan oleh siapa pun pelakunya. Bagi saya ini tugas pak gubernur dan pemerintahannya di akhir masa jabatan," ucapnya.

tugu zapin cfd2

Foto: SOFIAH/RIAU ONLINE

Menurut warga lainnya, Rara, pemerintah seharusnya serius menangani karhutla yang telah menghabiskan puluhan hektar di Bumi Lancang Kuning dalam waktu belakangan ini. Tak hanya orang kecil, korporasi pun tidak boleh luput dari proses hukum.

tugu zapin cfd3

Foto: SOFIAH/RIAU ONLINE

"Akibat karhutla ini siapa pun jadi korban. Untuk itu agar pemerintah benar-benar menjaga hutan sebagai paru-paru dunia bukan malah membabat habis. Bagaimana kelanjutan untuk generasi mendatang," terangnya.

Tak sedikitnya, warga mengambil foto dan video sebagai salah satu ajang kampanye di media sosial miliknya.