Agar Kesehatan Terjaga, Kadiskes Pekanbaru Bagi Tips Hadapi Cuaca Ekstrem

Ilustrasi-kemarau.jpg
(Foto: Shutter Stock via kumparan)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Cuaca di Kota Pekanbaru kian ekstrem. Pada saat kondisi panas terik, namun tak lama kemudian bisa mendadak hujan. Kondisi ini tentunya dapat memengaruhi kesehatan.

Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru, dr Zaini Rizaldy Saragih mengimbau masyarakat untuk tetap menjaga kesehatan di tengah cuaca ekstrem.

"Kami menyarankan kepada warga agar mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang, cukup kalori, protein, karbohidrat, lemak, dan bervitamin," ujarnya, Kamis 18 Mei 2023.

Menurutnya, makanan manis, berminyak, dan bersantan juga sebaiknya dihindari. Jenis makanan ini sebaiknya dihindari apalagi bagi mereka yang sudah berusia 50 tahun ke atas.

Di samping mengkonsumsi makanan sehat bergizi seimbang, masyarakat juga dianjurkan banyak mengonsumsi air putih. 


"Minimalnya, tubuh kita membutuhkan air putih itu dua liter per hari," ujarnya.

Pria akrab disapa dr Bob juga menyarankan warga melakukan aktivitas fisik seperti berolahraga. Dirinya menyebut, aktivitas jalan kaki satu hari minimal 6 ribu langkah bisa diterapkan.

"Sekarang kan kebanyakan masyarakat malas melaksanakan aktivitas fisik. Masyarakat cenderung maunya duduk saja. Akhirnya, timbul penumpukan kalori di dalam tubuh. Timbul lah kencing manis dan darah tinggi. Karena itu tadi, tidak ada aktivitas fisik," paparnya.

Ia berharap, dengan mengkonsumsi makanan bergizi seimbang, banyak minum air putih dan olahraga bisa menghindari dampak cuaca ekstrem.

Sementara ini, kata dr Bob, pihaknya belum mendapat laporan terkait adanya masyarakat yang jatuh sakit akibat terdampak cuaca ekstrem.

"Sejauh ini masih biasa aja. Biasanya di tengah cuaca ekstrem ini penyakit yang banyak itu adalah ISPA. Tapi sejauh ini di Pekanbaru masih biasa saja," pungkasnya.