Kondisi Satu Jalur Jalan Suka Karya Usai Pelapisan Aspal

Jalan-suka-karya-usai-overlay.jpg
(LARAS OLIVIA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Para pengendara bisa melintasi ruas jalan yang sudah tuntas overlay atau pelapisan aspalnya. Seperti di satu jalur di Jalan Suka Karya, Kota Pekanbaru.

Kondisi jalan kini sudah mulus setelah proses overlay, Rabu 17 Mei 2023. Sebelumnya kondisi jalan tersebut banyak terdapat lubang dan mengalami kerusakan yang parah.

Namun secara bertahap ruas Jalan Suka Karya akhirnya diperbaiki sejak pekan kemarin. Akses Jalan Suka Karya juga sempat ditutup beberapa hari karena satu jalur harus mengalami overlay.

"Saat ini sudah masuk tahap overlay, satu jalur lagi segera digesa," jelas Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pekanbaru, Edward Riansyah, Kamis 18 Mei 2023.

Dirinya mengatakan, pengerjaan perbaikan Jalan Suka Karya digesa sekitar dua pekan ke depan. Total ruas jalan rusak yang bakal diperbaiki di Jalan Suka Karya mencapai 1,84 km. 


Kondisi ruas jalan rusak berat mencapai 300 meter dari persimpangan Jalan Suka Karya  dengan Jalan HR Soebrantas. Ia mengatakan bahwa kondisi jalan nantinya full overlay.

Pria disapa Edu menyebut proses perbaikan nantinya tidak cuma untuk aspal tapi juga parit di kiri dan kanan jalan. Ada parit yang mengalami penyempitan sehingga harus dibongkar.

"Parit besarnya ada kondisi sekitar 50 meter mau kita bongkar, kita sesuaikan dengan kondisi parit saat ini," jelasnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, tiap 300 meter ruas jalan rusak penanganannya sama. Ada penutupan ulang dan sebagian lagi disesuaikan dengan parit.

Tim pengawas bersama Dinas PUPR Kota Pekanbaru dan kontraktor melakukan pemeriksaan ke lapangan terkait kondisi terkini Jalan Suka Karya. Overlay jalan ini menelan anggaran Rp 2,8 Miliar dari APBD Kota Pekanbaru tahun 2023.