Pengecekan Jalan Rusak di Pekanbaru Terkendala Personel

Tim-Dinas-PUPR-Kota-Pekanbaru.jpg
Istimewa
Tim Dinas PUPR Kota Pekanbaru saat melakukan pengecekan sejumlah ruas jalan rusak

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Para pengendara harus berhati-hati saat melintasi sejumlah ruas jalan di Kota Pekanbaru. Ruas jalan tersebut masih banyak ditemui dalam kondisi rusak parah bahkan berlubang.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas PUPR Pekanbaru, Edward Riansyah mengaku tim dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pekanbaru setiap hari melakukan tambal sulam terhadap ruas jalan rusak.

Petugas juga memeriksa kondisi ruas jalan yang harus ditambal. Ia mengatakan bahwa ada kendala keterbatasan personel dalam memantau ruas jalan rusak.

Dirinya menyebut, Dinas PUPR Kota Pekanbaru hanya memiliki dua tim untuk membantu perbaikan dengan tambal sulam. Sedangkan total ruas jalan di Kota Pekanbaru mencapai 1.946 ruas.

"Bisa dibayangkan kalau hanya dua ruas yang bisa dikerjakan, kita butuh personel peralatan dan pembiayaan," jelas pria disapa Edu, Rabu 17 Mei 2023.


Satu ruas jalan rusak yakni di Jalan Parit Indah. Pantauan RIAU ONLINE, ada beberapa titik ruas jalan berlubang yang digenangi air. Padahal ruas jalan itu menghubungkan arus kendaraan dari lintas timur dengan Jalan Jenderal Sudirman.

Edu menyebut, Jalan Parit Indah menjadi satu ruas yang segera dimulai pengerjaan overlay. Anggaran overlay Jalan Parit Indah ini bersumber dari Bankeu Pemerintah Provinsi Riau sebesar Rp 5,3 miliar.

Pengerjaannya dalam tiga sesi yakni overlay sesi pertama sepanjang 1.680 meter. Kemudian untuk sesi kedua sepanjang 318 meter dan sesi ketiga 50 meter.

Selain itu, ada juga beberapa ruas jalan yang segera diperbaiki. Seperti ruas Jalan Suka Karya dan Jalan Delima. Anggaran perbaikan ruas jalan ini ada yang bersumber dari APBD Kota Pekanbaru.