Jelang Idul Adha, Ternak Kurban di Riau Bakal Diperiksa

Hewan-Kurban4.jpg
(Istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) Riau akan melakukan pemeriksaan terhadap hewan ternak yang dijadikan kurban jelang Idul Adha mendatang. Hal ini untuk mengantisipasi penyakit pada hewan kurban.

Kepala Bidang Kesehatan Hewan (Kabid Keswan), Faralinda Sari, mengatakan pemeriksaan terhadap hewan ternak akan dilakukan pada Juni 2023 mendatang.

"Nanti awal bulan Juni, akan ada penyisiran dari Dinas PKH di kabupaten/kota untuk melakukan penyisiran," jelasnya pada Rabu, 17 April 2023.

Faralinda mengingatkan para peternak harus menjual ternak yang sehat. Petugas akan melakukan pemeriksaan dan pengecekan kesehatan hewan ternak yang akan dijual untuk kurban.


"Jadi nanti di pengepul, ternak akan dilakukan pemeriksaan terhadap ternak lalu kemudian diberi sertifikat sebagai tanda ternak tersebut sehat. Jika kondisi ternak bagus," ucapnya.

Selain itu, pembeli disarankan untuk membeli ternak yang memiliki sertifikat kesehatan hewan. Sertifikat kesehatan hewan ini akan dikalungkan pada hewan ternak untuk kurban.

Untuk di Kota Pekanbaru, Faralinda mengatakan petugas akan melakukan penyisiran.

"Jadi petugas kami nanti akan keliling ke tempat-tempat atau lokasi ternak itu berada. Lalu diperiksa kesehatannya," tutupnya.