Sering Macet, Rekayasa Lalu Lintas Dilakukan di Kawasan Tugu Songket

Ilustrasi-Macet.jpg
(kumparan)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kawasan Tugu Songket, Kota Pekanbaru, kerap mengalami kemacetan saat jam padat. Kondisi ini biasa terjadi pada pagi dan sore hari.

Akibatnya kemacetan pun mengular hingga Jalan SM Amin dan Jalan Tuanku Tambusai ujung. Kawasan tersebut juga tidak memiliki lampu lalu lintas untuk mengantisipasi kemacetan yang ada.

Meski begitu, Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru belum berencana memasang lampu lalu lintas di sekitar bundaran. Mereka sudah melakukan rekayasa lalu lintas untuk mencegah kemacetan akibat angkutan barang seperti truk.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru, Yuliarso mengatakan sudah ada surat keputusan Wali Kota Pekanbaru mengatur lalu lintas angkutan barang. Ia menegaskan, truk tidak boleh melintas di sekitar bundaran itu dari pukul 5.00 WIB hingga pukul 22.00 WIB.


"Makanya truk sepanjang jadwal itu bisa lewat ke arah Jalan Air Hitam," paparnya, Minggu 14 Mei 2023.

Dirinya menilai kemacetan di kawasan itu dapat teratasi dengan rekayasa lalu lintas. Apalagi kemacetan di kawasan itu terjadi secara insidentil.

"Faktor utama kemacetan di sana karena truk angkutan barang, terutama pada jam sibuk saat pagi dan pulang kantor," ungkapnya.

Ia menyampaikan, sejauh ini bundaran tersebut dijadikan titik untuk mengatur lalu lintas.Tapi karena adanya angkutan barang yang melintas, sehingga menimbulkan kemacetan.