Rabitah Alam Islami dan Akademi Fiqh Internasional Dukung Industri Halal Riau

Syamsuar723.jpg
(Dok. Diskominfo Riau)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Gubernur Riau, Syamsuar, menyambangi pusat Rabitah Alam Islami atau dikenal dengan Organisasi Liga Muslim Dunia (Muslim World League) yang berada di Mekkah. Kunjungan itu dilakukan Syamsuar di sela-sela ibadah umrahnya.

Syamsuar bertemu dengan Wakil Sekjen Rabitah Alam Islami Dr Abdul Rahman Azzaid dan Sekjen Akademi Sekjen Akademi Fiqh Internasional Syaikh Dr Koutoub Moustapha SANO, yang menjadi rujukan fatwa fiqh di dunia. 

Pemimpin di Bumi Melayu itu menyampaikan, perihal Riau yang ingin menjadi pusat rujukan industri halal. Rabitah dan Akademi Fiqh Internasional menyatakan turut mendukung langkah Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau yang ingin mewujudkan industri halal.

"Mereka mendukung penuh pusat industri halal agar dapat diwujudkan. Perlunya makanan dan minuman halal untuk umat Islam, bagian dari misi utama Rabitah," katanya pada Sabtu, 14 Mei 2023, malam.


Datuk Seri Setya Amanah itu menambahkan, ke depan Sekjen Moustapha siap untuk melaksanakan beberapa sesi seminar di Indonesia, khususnya di Provinsi Riau. 

"Beliau menyampaikan saat menyambut kunjungan kami pada Kamis, 11 Mei 2023, waktu setempat," ujarnya. 

Syamsuar adalah orang pertama dari Indonesia yang datang ke kantor Akademi Fiqh Internasional. Usai pertemuan, Syamsuar mendapat kehormatan mengisi buku tamu khusus, yang biasanya hanya diisi oleh para kepala negara atau utusan kepala negara yang hadir ke sekretariat tersebut.