Jadi Guru Besar Budaya, Rektor Unilak: SD hingga SMA Harus Pelajari Budaya Melayu

Rektor-Unilak-jadi-guru-besar-melayu.jpg
(Istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Universitas Lancang Kuning (Unilak) melakukan pengukuhan terhadap Rektor Unilak Prof Dr Junaidi SS MHum sebagai guru besar bidang Kajian Budaya Fakultas Ilmu Budaya Unilak Riau, Selasa, 9 Mei 2023, di Gedung Aula Perpustakaan Unilak.

Pada kesempatan itu, Prof Dr Junaidi menyampaikan pidato pengukuhannya sebagai guru besar di Unilak Riau. Dirinya menekankan terhadap pentingnya pembelajaran budaya Melayu di bangku pendidikan.

"Tingkat SD hingga SMA harus mempelajari kebudayaan Melayu ini. Anak-anak kita perlu disiapkan untuk mengenali dan merapkan nilai-nilai baik kebudayaan Melayu dalam kehidupan," paparnya dalam kesempatan pidato.

Profesor kelahiran Bangkinang ini menyampaikan bahwa pihaknya telah berupaya untuk mengangkat kebudayaan Melayu Riau dengan merancang pelajaran muatan lokal Melayu Riau di sekolah. Pembelajaran dimulai dari SD sampai SMA.

"Ini menjadi program strategis untuk menyelamatkan budaya Melayu. Kita tentu menginginkan anak-anak tetap memiliki wawasan global, namun mereka tetap memiliki jati diri yang kuat sesuai budaya mereka," tuturnya.

Rektor yang mengambil program Doktor Ilmu Manajemen di STIESIA Surabaya ini menilai bahwa penerapan pengajaran muatan lokal kebudayaan budaya Melayu pada jenjang pendidikan dasar masih belum optimal.


"Oleh karena itu, kami mengharapkan pemerintah kabupaten/kota untuk dapat menyiapkan inovasi kurikulum buku dan guru yang mengajarkan budaya Melayu di sekolah. Mari majukan kebudayaan Melayu," ujarnya.

Pengukuhan Guru Besar Prof Junaidi ini dikemas dengan serangkaian acara sidang senat dan dibungkus dengan seni pertunjukan  adat budaya Melayu Riau. Dimulai dengan arak-arakkan senat universitas dengan  kompang sembari bersalawat kepada Nabi.

Dilanjutkan dengan penampilan pencak silat,  prosesi tepuk tepung tawar yang dilakukan oleh Datuk-datuk dari LAMR dan beberapa tokoh Riau lainnya. Kemudian pemasangan tanjak kepada Prof Dr Junaidi oleh Ketua MKA LAMR, Datuk Seri H Raja Marjohan Yusuf.

Pada kesempatan tersebut pula, Kepala LLDIKTI Wilayah X, Afdalisma dalam sambutannya menyampaikan bahwa terhitung mulai tanggal 1 Februari 2023, Dr. Junaidi, SS, M.Hum dinaikkan jabatan akademiknya  menjadi profesor dalam bidang ilmu kajian budaya.

"Selamat atas raihan yang luar biasa, Rektor Universitas Lancang Kuning Prof. Junaidi sebagai guru besar dalam bidang ilmu kajian budaya. Prof. Junaidi merupakan guru besar yang ke-35 di lingkungan PTS  LLDIKTI Wilayah X," ucapnya.

Afdalisma menyampaikan harapannya agar capaian Prof. Junaidi menjadi motivasi bagi dosen di lingkungan LLDIKTI Wilayah X untuk meraih capaian tertinggi sebagai guru besar.

"Saya berharap, semoga capaian Prof. Junaidi menjadi motivasi bagi dosen di LLDIKTI Wilayah X dalam meniti karir hingga jenjang tertinggi, yaitu menjadi profesor," tutup Afdalisma.