Seperti Presiden, Warga Minta Bupati Inhil Jajal Jalan Rusak di Pulau Kijang

Jalan-rusak-di-inhil.jpg
(HASLINDA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kunjungan Presiden, Jokowi, yang meninjau bahkan menjajal langsung jalanan rusak di Lampung tampaknya menyita perhatian masyarakat terutama bagi warga Desa Pulau Kijang, Kecamatan Reteh, Indragiri Hilir (Inhil).

Demisioner Sekretaris Umum Ikatan Pemuda Pelajar Mahasiswa Reteh (IPPMR-Pekanbaru), Agus Sandi meminta Bupati Inhil, HM Wardan, melakukan hal serupa sebab selama ini lebih memilih melewati jalur laut atau speedboat saat melakukan blusukan ke desa-desa di Inhil.

"Melihat Pak Presiden, Jokowi yang sedang melakukan blusukan ke Lampung melalui jalur darat dengan kasus yang sama yaitu masalah jalan, saya sebagai warga Inhil khususnya Kecamatan Reteh berharap Bupati Inhil, H. M. Wardan melakukan hal yang sama seperti pak presiden. Karena setahu saya pak bupati selama ini kalau ke Kecamatan Reteh selalu memakai jalur laut," ujarnya saat dihubungi RiauOnline.co.id, Senin, 8 Mei 2023.

Agus ingin Bupati Wardan merasakan kesulitan yang dialami masyarakat selama bertahun-tahun saat mengakses jalan.

"Besar harapan supaya pak bupati bisa melihat dan merasakan jalur darat dengan jalan yang begitu memprihatinkan," tuturnya.


Agus mengungkapkan, bukan hanya kondisi jalan yang rusak, sebagian jembatan juga tidak layak dilewati bahkan terputus. Sehingga berdampak terhadap kegiatan perekonomian masyarakat.

"Padahal jalan ini satu-satunya jalan lintas darat antar Kecamatan Reteh ke Kecamatan Keritang. Banyak pedagang roda empat yang mengeluh tentang jalan dan putusnya jembatan. Akibatnya berdampak terhadap perputaran ekonomi yang ada di Pulau Kijang. Barang-barang semakin mahal karena ada biaya tambahan untuk menyebrangkan dagangan di jembatan parit 16 yang terputus itu," tandasnya.

Sementara hal senada juga diungkapkan Demisioner Anggota Pengembangan Potensi dan Akademik IPPMR, Muhammad Arfah. Ia berharap pemerintah langsung turun ke jalan untuk mengetahui kondisi yang sebenarnya.

"Memang benar demikian, Bupati Inhil, Wardan selalu menggunakan speedboat ketika menghadiri kegiatan di Pulau Kijang," imbuhnya.

Di lain sisi, Muhammad Arfah pemilik akun tiktok @ucancallme_fah ini sempat viral di media sosial. Video yang memperlihatkan kondisi jalan di Inhil berhasil memenangkan sayembara yang diadakan PB Himpunan Pemuda Pelajar Mahasiswa Indragiri Hilir (HIPPMI) dan ditonton sebanyak 105,1k viewers. 

"Alhamdulillah video saya menjadi video terbaik dan memenangkan sayembara yang diadakan PB HIPPMI. Tujuan utama saya membuat video tersebut bukan hanya sekedar mengikuti perlombaan, namun sebuah kesempatan untuk menunjukkan kondisi jalanan sebenarnya. Saya juga ingin jalanan yang menghubungkan 2 kecamatan ini segera diperbaiki, karena banyak sekali keluhan masyarakat tentang kondisi jalan tetapi tak kunjung jadi perhatian pemerintah," pungkasnya.