Riau Bakal Kedatangan 3 Helikopter Water Bombing, 2 dari Luar Negeri

Water-bombing.jpg
(Damkar Pelalawan)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau telah meminta bantuan helikopter water bombing ke pemerintah pusat untuk mengatasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang telah terjadi di sejumlah wilayah Riau. 

Saat ini Pemprov Riau menunggu tiga helikopter water bombing yang masih dalam proses pengiriman, setelah sepekan yang lalu satu unit helikopter patroli tiba di Riau. 

Gubernur Riau, Syamsuar, mengatakan bantuan tiga helikopter water bombing tersebut masih dalam proses, sebab dua dari tiga di antaranya didatangkan dari luar negeri. 

"Dua heli water bombing itu dari Malaysia dan Australia. Satu lainnya dari Papua," ungkapnya, Sabtu, 7 Mei 2023.


Syamsuar menyebut proses administrasi untuk pengiriman helikopter water bombing dari luar negeri harus sesuai prosedur administrasi perhubungan, sehingga membutuhkan waktu lama.

Selain itu, bantuan helikopter water bombing untuk Riau juga didatangkan dari Papua. Namun, kata Syamsuar harus singgah dulu ke Jakarta untuk maintenance.

Sebelumnya, Pemprov Riau telah menerima bantuan satu unit helikopter patroli. Syamsuar berharap bencana karhutla dapat diatasi.

Pemprov Riau bersama TNI, Polri, dan stakeholder lainnya terus berupaya memberi penyuluhan pencegahan karhutla kepada masyarakat agar Riau bebas dari bencana kabut asap.