Rusak Parah, Begini Kondisi Jalan Parit Indah di Kota Pekanbaru

Jalan-rusak-di-parit-indah.jpg
(LARAS OLIVIA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Para pengendara berhati-hati saat melintasi ruas Jalan Parit Indah, Kota Pekanbaru. Hingga kini kondisi beberapa ruas jalannya masih rusak bahkan berlubang.

Pantauan RIAU ONLINE, ada beberapa titik ruas jalan berlubang yang digenangi air. Padahal ruas jalan itu menghubungkan arus kendaraan dari lintas timur dengan Jalan Jenderal Sudirman.

Jalan Parit Indah menjadi satu ruas yang segera dimulai perbaikan karena proses lelangnya tuntas. Proses pengerjaan overlay atau pengaspalan Jalan Parit Indah segera dilakukan.

Kondisi ruas Jalan Parit Indah rusak dan berlubang. (LARAS OLIVIA/RIAU ONLINE)

"Ada lima atau tujuh ruas sudah kita lelangkan, dalam proses pengerjaan. Mudahan-mudahan bisa beroperasional dengan baik," terang Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru, Indra Pomi Nasution, Minggu 7 Mei 2023.


Proyek ini bersumber dari Bantuan Keuangan atau Bankeu Pemerintah Provinsi Riau. Ia menyebut ada beberapa ruas jalan yang segera diperbaiki.

Ruas jalan itu di antaranya Jalan Suka Karya dan Jalan Delima. Anggaran perbaikan ruas jalan ini ada yang bersumber dari APBD Kota Pekanbaru.

Kemudian ada juga pemeliharaan rutin sejumlah ruas jalan. Ada tim dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pekanbaru setiap hari melakukan tambal sulam terhadap ruas jalan yang dalam kondisi rusak.

Petugas juga memeriksa kondisi ruas jalan yang harus ditambal. Ia mengaku ada kendala keterbatasan personel dalam memantau ruas jalan rusak. Sedangkan total ruas jalan di Kota Pekanbaru mencapai 1.946 ruas.

"Bisa dibayangkan kalau hanya dua ruas yang bisa dikerjakan, kita butuh personel peralatan dan pembiayaan," jelasnya.

Terpisah, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas PUPR Pekanbaru, Edward Riansyah mengaku bakal menggesa pengerjaan overlay jalan itu sepanjang dua kilometer. Anggaran overlay Jalan Parit Indah ini bersumber dari Bankeu Pemerintah Provinsi Riau sebesar Rp 5,3 miliar.

Pengerjaannya dalam tiga sesi yakni overlay sesi pertama sepanjang 1.680 meter. Kemudian untuk sesi kedua sepanjang 318 meter dan sesi ketiga 50 meter.