Getaran Gempa di Mentawai Terasa hingga Pekanbaru dan Dumai

Gempa-mentawai2.jpg
(Ajo Darisman/kumparan)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Masyarakat di Sumatera Barat (Sumbar) dikejutkan dengan gempa berkekuatan magnitudo 7,3 sekitar pukul 03.00, Selasa 25 April 2023. Pusat gempa tepatnya di Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat.

Gempa itu terjadi di 177 kilometer barat laut Mentawai dengan kedalaman 84 kilometer. BMKG sempat mengeluarkan peringatan dini adanya potensi Tsunami.

"Dini hari penghuni rumah panik, ternyata gempa. Lumayan kencang dan lama. Untungnya tak ada hentakan kayak tahun 2009 lalu. Alhamdulillah masih aman," ujar Dede, warga Pekanbaru yang sedang berada di Pasaman.

Getaran gempa juga terasa hingga Provinsi Riau, seperti Pekanbaru dan Dumai. Jarak antara Dumai dan Kabupaten Kepulauan Mentawai sekitar 441 km. 264.6 mil atau 5.5 jam perjalanan.


"Terasa sampai Dumai. Saya lagi rebahan di sofa tetiba goyang,  cermin juga goyang. Sempat parno tadi," ujar warga Dumai, Ardi.

Saat ini, BMKG telah mencabut peringatan dini tsunami yang sempat memicu kepanikan masyarakat. Hingga pukul 08.00 WIB, masyarakat di sejumlah kota Sumatera Barat telah kembali beraktivitas seperti biasa.

Gempa yang juga berdampak ke Sumatera Utara. Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menjelaskan gempa ini terjadi di zona megathrust.

"Gempa ini merupakan event gempa di segmen Megathrust Mentawai Siberut, rangkaian yang banyak diteliti ilmuwan karena rangkaian energi di sini belum semua rilis," kata Daryono.