Polisi di Dumai dan Bengkalis Berjibaku Padamkan Karhutla di Tengah Idul Fitri

Pemadaman-karhutla-di-Dumai1.jpg
(Dok. Polda Riau)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Meskipun dalam suasana Hari Raya Idul Fitri, personel Polres Dumai dan Polres Bengkalis berjibaku padamkan kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Tim gabungan dari TNI, Polri, serta ratusan warga Desa Medang Kampai dan Desa Tanjung Leban berjibaku memadamkan kebakaran hutan.

Kapolresta Dumai, AKBP Nurhadi Ismanto mengatakan, TNI, Polri bersama masyarakat sudah melakukan pemadaman sejak Rabu, 19 April 2023 lalu.

“Separuh wilayah karhutla merupakan lahan di Polres Dumai dan separuh lagi merupakan wilayah Polres Bengkalis” terangnya, Minggu, 23 April 2023. 


Beberapa kendala turut dihadapi personel seperti jauhnya sumber air untuk pemadaman, namun tidak menyurutkan semangat petugas untuk bekerja.

Sementara itu, Kapolres Bengkalis, AKBP Setyo Bimo Anggoro mengatakan, lebaran tahun ini diisi dengan penanganan karhutla.

“Kami berlebaran dengan penanganan api karhutla. Ini adalah bentuk tanggung jawab kami bahwa negara hadir untuk mengamankan warga dari asap karhutla yang mengganggu saat merayakan Idul Fitri,” ujar AKBP Setyo.

Namun demikian tidak hanya Polres Dumai dan Polres Bengkalis dengan Satgas karhutla yang merelakan waktu lebaran bersama keluarga, personel Polda Riau dipimpin oleh Karo Ops Polda Riau Kombes Pol R. Kasero Manggolo didampingi oleh Dir Samapta Polda Riau Kombes Pol Faried Zulkarnain serta Dansat Brimob Polda Riau Kombes Pol Ronny Lumban Gaol turut ambil bagian membantu satgas karhutla Polres Dumai dan Polres Bengkalis berjibaku melawan panasnya api karhutla.