Polda Riau Periksa 8 Orang Saksi Karhutla di Dumai dan Bengkalis

Kapolda-padamkan-karhutla-di-dumai.jpg
(DEFRI CANDRA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Direktorat Kriminal Khusus (Dirkrimsus) Polda Riau telah memeriksa delapan orang saksi terkait insiden kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kota Dumai dan Kabupaten Bengkalis. 

Direktur Kriminal Khusus (Dirkrimsus) Polda Riau, Kombes Pol Teguh Widodo, mengaku telah memerintahkan Kasat Serse untuk menyelidiki kasus ini. 

"Sampai saat ini kita sudah memeriksa 8 orang saksi dan akan kita kembangkan lagi," ujar Kombes Teguh kepada RIAUONLINE.CO.ID, Senin, 24 April 2023.

Sesuai perintah Kapolda, Kombes Teguh mengaku sudah menanyakan kepada saksi yang melihat awal karhutla dan saksi terdampak. 


"Kita masih dalam upaya penyelidikan dan kita akan cari tahu sumber api dari mana. Yang jelas ini adalah lahan warga dan disebelahnya ada lahan PT Wilmar," tutup Teguh Widodo. 

Karhutla yang terjadi di Kota Dumai dan Kabupaten Bengkalis telah menghanguskan lahan gambut seluas 50 hektare. Kebakaran terjadi selama tiga hari sejak Jumat, 21 April 2023 hingga Minggu, 23 April 2023.

Kapolda Riau, Irjen Pol Mohammad Iqbal, saat meninjau pemadaman karhutla di dua kabupaten/kota tersebut menyebut bahwa 85 persen api telah berhasil dipadamkan.

"Sejak tanggal 21 April, tim tanpa kenal lelah sudah berjibaku memadamkan api di lahan seluas 50 hektare. Alhamdulillah 85 persen api sudah padam," ujar Irjen Iqbal usai turun dari helikopter di Mapolda Riau, Senin, 24 April 2023.