Catat Rute Malam Takbiran dan Pawai di Jalan Gajah Mada yang Digelar Pemko

Indra-Pomi19.jpg
(Riau Online/Laras Olivia)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Pemerintah Kota Pekanbaru akan menggelar Pawai Malam Takbiran di Jalan Gajah Mada pada H-1 lebaran. Pawai Malam Takbiran dimulai dari Jalan Diponegoro. Sementara, Panggung kehormatan berada di Jalan Gajah Mada.

 

Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru Indra Pomi Nasution sudah mengikuti rapat koordinasi dalam rangka kesiapan pengamanan Malam Takbiran dan Salat Idul Fitri 1444 H/ 2023 di Aula Bunga Kiambang Polresta, Kamis 20 April 2023.

 

Pemko dan Polresta Pekanbaru telah menyusun rencana pengamanan Pawai Malam Takbiran dan salat Idul Fitri. Pengamanan dimulai dari apel gelar pasukan pengamanan malam Takbiran dan salat Idul Fitri yang terdiri dari TNI, Polri, Dinas Perhubungan, dan instansi terkait lainnya. 

 

Apel pengamanan ini digelar di Jalan Gajah Mada pada H-1 petang. Sesuai surat edaran Kementerian Agama (Kemenag) bahwa pemerintah daerah boleh menggelar pawai keliling di malam Takbiran. 

 

Pawai keliling ini hanya boleh diikuti 51 kendaraan dari tiap kecamatan. Pawai keliling dipastikan tertib dan terkendali. "Tidak ada penambahan kendaraan dan kami mengawasi dengan ketat," ujar Indra Pomi. 

 

Pawai Malam Takbiran ini akan dihadiri seluruh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), seluruh kepala organisasi perangkat daerah (OPD), para camat, dan tokoh masyarakat. 

 

Usai Pawai Takbiran, peserta membubarkan diri dengan tertib di kawasan Purna MTQ. Satpol PP akan mengarahkan kendaraan hias ini kembali ke lokasinya masing-masing.


 

 

 

 

 

"Agar, mereka tidak menambah rute takbiran. Karena dipastikan akan mengganggu lalu lintas yang sedang ramai," tambah Indra Pomi. 

 

Pagi harinya, Pemko Pekanbaru akan menggelar salat Idul Fitri di Lapangan Bukit, Kecamatan Senapelan. Imam salat Idulfitri dari Palestina. Adapun khutbah salat Idul Fitri yakni Ustaz Fajriansyah.