PT KPI RU Dumai Beri Kompensasi Dampak Sosial Korban Ledakan Kilang Minyak

Penyaluran-kompensasi.jpg
(Istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU – Setelah proses verifikasi dan appraisal rampung, PT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI) Refinery Unit (RU) Dumai merealisasikan kompensasi dampak sosial akibat gangguan operasional kepada masyarakat, Senin 17 April 2023 di Aula Makodim 0320 Dumai.

Proses verifikasi dan appraisal sendiri dilakukan oleh Kantor Jasa Penilai Publik (KJPP) yang ditunjuk untuk bertindak secara independen didampingi oleh forum gabungan yang berasal dari PT KPI RU Dumai, Kodim 0320, Polres Dumai, Kejari, Camat, Lurah, LPMK dan tokoh masyarakat.

Area Manager Communication, Relations, & CSR RU Dumai, Agustiawan menjelaskan nilai kompensasi untuk perbaikan rumah warga yang terdampak sesuai dengan hasil verifikasi dan appraisal yang telah dilakukan.

"Nilai kompensasi ini juga telah disetujui bersama oleh Wali Kota Dumai, Polres Dumai, Kodim 0320, Kejari, Camat, Lurah, LPMK, dan tokoh masyarakat yang hadir pada Rapat Jumat (14/04) lalu," ujar Agustiawan, Selasa 18 April 2023.


Ia menyebut untuk proses pemberian kompensasi dampak sosial ini diberikan dalam bentuk rekening Bank BRI dimana nanti dananya akan ditransfer ke rekening tersebut. Kegiatan ini akan berlangsung mulai dari Senin 17 April hingga Selasa 18 April 2023. Proses pembagian buku rekening telah diatur sedemikian rupa hingga dapat berlangsung tertib dan teratur.

Sementara, perwakilan warga dari RT.03 Kelurahan Tanjung Palas, Candra mengapresiasi reaksi PT KPI RU Dumai dalam memberikan solusi atas warga terdampak.

"Bantuan sosial dan kompensasi yang diberikan kepada kami sangat membantu dalam biaya perbaikan bagian rumah yang rusak," ungkapnya.

Diberitakan sebelumnya, kebakaran hebat terjadi di Kilang Minyak Putri Tujuh, Pertamina RU 2 Dumai, Riau, Sabtu 1 April 2023 malam. Ledakan itu menyebabkan sejumlah fasilitas umum seperti sekolah, masjid, musala, perkantoran dan sejumlah rumah warga mengalami kerusakan.