Antisipasi Kebakaran, Masyarakat Pekanbaru Harus Perhatikan Ini Sebelum Mudik

Ilustrasi-meteran-listrik.jpg
(Liputan6.com/Herman Zakharia)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Masyarakat Kota Pekanbaru yang hendak mudik mesti memastikan kondisi sambungan listrik aman. Mereka harus memastikan sambungan listrik padam untuk beberapa waktu saat rumah ditinggalkan.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Pekanbaru, Burhan Gurning menyebut, hal ini guna mencegah terjadinya kebakaran rumah saat ditinggal mudik Lebaran 1444 H.

Ia mengingatkan masyarakat untuk memastikan rumah dalam keadaan aman sebelum ditinggal mudik lebaran. Korsleting listrik bisa saja terjadi saat rumah kosong.

"Saat meninggalkan rumah, yang pertama kali harus dipastikan adalah sambungan listrik. Sehingga potensi kebakaran akibat korsleting listrik dapat dihindari," ujar Burhan Gurning, Selasa 18 April 2023.


"Pastikan sambungan listrik semua sudah dipadamkan, cabut stop kontak dan alat-alat listrik," lanjutnya.

Mantan Kasatpol PP Kota Pekanbaru ini juga meminta warga memastikan semua keran air sudah mati dan mencabut regulator tabung gas. Mereka juga bisa memberitahu warga lain yang tidak mudik ketika hendak bepergian. 

"Beritahu warga yang tinggal di lingkungan dan RT/RW bahwa akan meninggalkan rumah, supaya bisa memperhatikan. Saat berkendara pun, pastikan membawa tabung racun api kecil, untuk mengantisipasi, dan pastikan kondisi kendaraan sudah aman dan baik untuk melakukan perjalanan mudik," paparnya.